oleh

Warga Baduy Titip Tiga Gunung Besar di Banten ke Pemkab Pandeglang

Kabar6- Setelah melakukan acara di Alun-alun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, warga Baduy melanjutkan perjalanan ke Kota Serang untuk melakukan Seba Baduy 2022.

Sebelum menuju Kota Serang, mereka bertemu dengan jajaran Pemkab Pandeglang di pendopo Bupati. Ratusan warga Baduy tersebut diterima oleh Assisten Administrasi Umum Setda Ramadani.

Jaro Saidi Putra yang merupakan jaro tanggungan 12 saat seba berpesan jika pemerintah daerah pandeglang harus terus menjaga kelestarian alam agar tidak terjadi benca alam.

“Kami titip gunung karang, Aseupan jeng pulosasri. Ulah diruksak, ngajaga alam lain hanya urang baduy tapi sakabeh masyarakat”, ungkap Saidi, Sabtu (7/4/2022).

Menurut Saidi, tradisi seba inì sudah ada dari ratusan tahun silam yang dilakukan oleh para lelurunya.

“Seba ini peringatan kepada kita yang mempunyai lingkungan, ini wajib bagi semua bukan hanya kami sebagai warga baduy, karena dampak dari ruksanya alam akan membawa bencana,”ujarnya.

Assisten Administrasi Umum Setda Ramadani mengatakan, kelestarian alam sangat penting demi keberlanjutan populasi mahluk hidup, oleh sebab itu menjaga kelestarian alam merupakan kewajiban semua umat manusia.

Menurutnya, seba baduy ini merupakan sebuah tradisi yang sejak lama dilakukan oleh warga kanekes, yang bertujuan untuk menyampaikan pesan agar Pemerintah setempat dapat menjaga kelestarian alam.

**Baca juga: Marak Travel Gelap, Supir Angkutan di Pandeglang Menjerit

“Ini jadi pengingat bagi kita untuk menjaga kelestarian alam baik gunung, darat dan laut. Kelestarian alam terus kami jaga agar bisa dirasakan oleh generasi selanjutnya”, ungkapnya.

“Saya mengucapkan terimakasih karena warga baduy masih bisa menjaga tradisi, semoga ini jadi contoh warga lainnya”, pungkasnya.(aep)