oleh

Warga Baduy Siap Ikuti Pilkada Lebak

Kabar6-Warga Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten siap menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lebak yang akan diselenggarakan pada 31 Agustus 2013.

Kendala yang dihadapi berkenaan dengan identifikasi nama warga karena penulisan nama warga Baduy tidak banyak yang memakai nama asli.

“Penulisan nama warga Baduy tidak banyak yang memakai nama aslinya. Bagi laki-laki yang sudah berkeluarga dan punya anak namanya selalu diawali dengan kata Aya yang berarti ayah dan bagi perempuan diawali dengan kata Ambo yang berarti ibu.

Misalnya Aya Karmain berarti ayah dari Karmain. Di sini sulit mengetahui nama sebenarnya karena memanggil nama itu dianggap tidak sopan,” kata Djaro Dainah, Kepala Desa Kanekes dalam rilisnya kepada pers, Jumat (16/8/2013).

Sekalipun begitu, Djaro Dainah memastikan, meski namanya sama bukan berarti datanya ganda karena orangnya berbeda. Sebab ada beberapa orang yang memakai nama hanya Aya dan Ambo saja tanpa disertai nama anaknya di belakang.

“Bukan hanya dalam panggilan sehari-hari, dalam kartu tanda penduduk (KTP) juga begitu,” ujarnya.

Djaro mengungkapkan, warga Kanekes yang tercatat sebagai pemilih dalam Pilkada Lebak sebanyak 7.296 orang. “Para tokoh adat memberikan kebebasan kepada warganya untuk memilih,” kata Djaro.(bbs/jus)

Berita Terbaru