oleh

Wanita Lebih Rentan Cemas Ketimbang Pria

Kabar6-Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih banyak wanita yang mengalami masalah kesehatan mental ketimbang pria. Wanita umumnya memikul lebih banyak tanggung jawab mulai dari mencari nafkah untuk keluarga hingga pekerjaan domestik.

Kondisi ini, melansir Femina, membuat kesehatan mentalnya terganggu. Nah, dengan adanya pandemi COVID-19, tak hanya masalah kesehatan fisik yang timbul, namun juga pandemi kesehatan mental akan turut meluas. Diketahui, wanita kerap berbangga karena merasa mampu menjalani banyak pekerjaan sekaligus atau multitasking. Mulai berkarier hingga mengurus rumah tangga. Padahal, kondisi itu bukan hal yang patut dibanggakan.

Melakukan ragam pekerjaan dalam satu waktu tidaklah efektif. Anda tidak bisa mengerjakan sesuatu kemudian dalam beberapa waktu pindah fokus ke pekerjaan lain. Menurut sebuah riset, dibutuhkan waktu sekira 23 menit untuk kembali fokus ke pekerjaan awal jika pikiran kita sudah teralih.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin tuntaskanlah satu pekerjaan, baru kemudian beralih ke pekerjaan lain. Manusia bisa memiliki 41 pikiran dalam satu menit. Jadi, kita harus berlatih memperlambat semuanya agar bisa mendapat ketenangan dan fokus satu per satu. Hasilnya, kita bisa selesaikan pekerjaan lebih baik dan cepat daripada kita berpikir melompat-lompat.

Untuk bisa fokus, Anda dapat menerapkan mindfulness atau kesadaran diri. Mindfulness bermakna hadir di saat ini dan fokus akan satu hal. Kesadaran diri berarti kita berusaha sadari pikiran dan emosi yang ada di otak kita. Perlahan kita menyadari apa saja yang sedang dipikirkan dan dirasakan secara emosi melalui pernapasan. Kita berlatih fokus.

Mindfulness tersebut dilatih melalui proses meditasi dan harus dilakukan secara teratur sesering mungkin untuk membiasakan tubuh dan pikiran kita. Meditasi paling baik dilakukan pagi hari sebelum beraktivitas. ** Baca juga: Ini 5 Mitos Sistem Imun Tubuh

Tidak kalah penting, Anda harus mengasihi diri sendiri demi pikiran yang bahagia. Sayangilah diri sendiri, apalagi sebagai wanita kita sering merasa harus berkorban untuk kebahagiaan orang lain, akibatnya sumur cinta dalam hati kita kering. Jadi isilah sumur cinta dalam hati.

Cintai diri sendiri, baru kita bisa cintai orang lain dengan lebih mendalam.(ilj/bbs)

Berita Terbaru