oleh

Wanita & Hewan Betina di Larang Ke Gunung Athos

Biara di Gunung Athos.(Odditycentral)
Biara di Gunung Athos.(Odditycentral)

Kabar6-Ada tradisi unik yang sudah ada sejak berabad-abad berlaku di Gunung Athos. Lokasi yang terletak di semenanjung Makedonia, bagian utara Yunani, ini memiliki aturan yaitu melarang wanita untuk masuk dan tinggal di wilayah tersebut.

Tidak hanya wanita, hewan betina seperti sapi, anjing dan kambing pun tidak diperbolehkan berada di sekitarnya. Hanya burung dan serangga saja yang terbebas dari aturan tersebut.

Gunung yang merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO ini, dikutip dari uniknya.com, memiliki luas 390 kilometer persegi dan merupakan rumah bagi sekira 20 biara Ortodoks Timur yang dihuni oleh 2.000 biarawan. Para biarawan itu menjalani kehidupan asketis dan terisolasi dari kehidupan luar.

Tampak biarawan sedang berdoa.(bbs)
Tampak biarawan sedang berdoa.(bbs)

Diketahui, Gunung Athos sebenarnya merupakan sebuah negara otonom di bawah kedaulatan Yunani. Mereka memiliki aturan sendiri tentang pelarangan pergerakan bebas dan barang di wilayahnya, sehingga untuk masuk ke daerah ini tidaklah mudah.

Hanya pria yang bersikap tenang dan saleh yang bisa menginjakkan kaki di gunung tersebut, itu pun setelah mendapat izin. Namun kunjungan bagi tamu pria diatur sangat ketat. Setiap harinya, hanya diperkenankan 100 pengunjung beragama ortodoks dan 10 non-ortodoks.

Karena tujuan tunggal para biarawan Gunung Athos adalah untuk mendekatkan diri kepada Yang Kuasa, mereka pun berlatih untuk hidup membujang. Jubah hitam panjang yang dikenakan menandakan kematian mereka dari dunia luar. Hari-hari dihabiskan dengan berdoa dan merenungkan diri dalam diam. ** Baca juga: Astaga! Tas Ini Terbuat dari Kepala Kucing Asli

Wanita hanya bisa menyaksikan keindahan area terlarang ini dari kejauhan. Gunung Athos umumnya dikunjungi oleh orang yang ingin melakukan perjalanan religius ataupun melakukan studi keagamaan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru