oleh

Wanita Asal Australia Hamil Calon Cucu untuk Gantikan Putrinya yang Tak Punya Rahim

Kabar6-Maree Arnold (54) tengah berbunga-bunga karena sebentar lagi wanita asal Lilydale, Tasmania, Australia, ini akan melahirkan seorang cucunya sendiri. Bagaimana bisa?

Rupanya, melansir Mirror, Arnold menggantikan putrinya, Meagan White (28), yang terlahir tanpa rahim. Arnold memang bertekad melakukan apa saja untuk mewujudkan impian putrinya menjadi seorang ibu setelah White menderita kelainan langka, didiagnosis menderita sindrom Mayer-Rokitansky-K├╝ster-Hauser (MRKH) pada usia 17 tahun, yaitu lahir tanpa rahim.

White yang memiliki latar belakang bidang keperawatan, takut mimpinya menjadi seorang ibu tidak akan pernah menjadi kenyataan, setelah seorang ibu pengganti asal Kanada mengalami keguguran bayi perempuan pada usia 21 minggu.

Setelah melalui serangkain pemeriksaan, Arnold dinyatakan bisa ‘meminjamkan’ rahim untuk mengandung calon cucunya, yang kini sudah berusia 30 minggu.

“Ketika saya masih remaja, saya menunggu untuk memulai siklus menstruasi saya dan itu tidak pernah terjadi,” ujar White. “Ibu dan saya pergi ke dokter dan menemukan saya menderita MRKH, yang berarti saya lahir tanpa rahim dan karena itu tidak akan pernah mengalami menstruasi.”

Dilanjutkan, “Itu juga berarti saya tidak akan pernah bisa mengandung anak, namun saya memiliki ovarium yang berfungsi sehingga saya dapat memiliki anak kandung dengan bantuan ibu pengganti.”

Arnold mengatakan, dia sedih melihat White menderita, tetapi tidak pernah membayangkan dia bisa menjadi sukarelawan untuk menjadi ibu pengganti, karena dia percaya dia akan dianggap ‘terlalu tua’ untuk hamil.

Tetapi setelah penelitian ekstensif, nasihat hukum, pemeriksaan medis dan penilaian psikologis, dokter menganggap itu mungkin. Karena Arnold sudah mengalami menopause, dia diberi obat untuk membalikkan proses dan menebalkan lapisan rahimnya untuk mempersiapkan kehamilan.

“Saya percaya 45 (tahun) adalah batas biasa, namun karena saya ibunya, para dokter lebih lunak,” ungkap Arnold. “Saya sangat senang setelah kami melewati 20 minggu pertama, setelah itu saya benar-benar percaya diri.”

Arnold mungkin bisa menjadi ibu pengganti tertua di Australia hingga saat ini, dengan Antonietta Di Maggio, dari Sydney, menjadi berita utama pada 2015 karena melahirkan cucunya untuk putrinya Claudia Luca pada usia 53 tahun.

Bayi laki-laki White akan lahir pada Januari 2022 mendatang melalui operasi caesar. “Ini sangat lucu, selama 20 minggu pertama saya mengkhawatirkan bayinya, tetapi sekarang saya mengkhawatirkan ibu,” kata White.

“Ibu dan saya sangat dekat, kami berbicara setiap hari. Saya bahkan tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata betapa bersyukurnya saya untuk ibu saya. Ini sangat istimewa. “Tidak ada orang lain yang saya lebih suka melewati ini,” imbuh White..(ilj/bbs)

Berita Terbaru