Waktu yang Tepat untuk Mengganti Peralatan Tidur

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selain menjaga kebersihan lingkungan di dalam dan luar rumah, satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah rutin mengganti peralatan tidur seperti bantal, sprei, selimut, guling, bahkan kasur di waktu yang tepat.

Mengganti peralatan tidur di waktu tepat, melansir Womensday, bisa meminimalisir adanya bakteri maupun kuman di tempat tidur. Termasuk juga bisa memiliki kualitas tidur yang mengesankan. Nah, kapan sebaiknya mengganti peralatan tidur?

1. Bantal
Sebaiknya ganti sarung bantal setiap satu bulan sekali. Segera ganti jika bantal sudah terasa tidak nyaman lagi. Idealnya bantal diganti setiap dua tahun sekali.

2. Sprei
Idealnya sprei diganti setiap satu bulan sekali dengan sprei yang bersih. Memakai sprei yang sama terlalu lama bisa membuat debu, kuman serta bakteri berada di sprei. Jika hal ini sudah terjadi, tubuh akan lebih mudah terserang berbagai masalah khususnya masalah kulit dan masalah saluran pernapasan.

3. Guling
Untuk sarung guling sebaiknya juga diganti setiap satu bulan sekali dengan sarung guling yang bersih. Sementara untuk gulingnya sendiri, segera ganti jika sudah kempes atau tidak nyaman lagi digunakan.

4. Selimut
Maksimal waktu untuk mencuci selimut yang digunakan adalah enam bulan. Cuci selimut sesering mungkin agar tidak ada bakteri maupun kuman yang bersarang di dalamnya. Selimut yang jarang dicuci bisa menjadi sarang debu dan berbagai bakteri, kuman serta jamur. Jika sudah begini, selimut bisa menyebabkan risiko asma dan rhinitis.

5. Kasur
Kasus sebaiknya diganti setiap delapan atau 10 tahun. Kasur juga perlu dijemur dan dibersihkan dengan penyedot debu setiap satu bulan sekali. Membersihkan kasur dengan rutin akan mengurangi risiko kasur menjadi sarang debu maupun kotoran lainnya. Kasur yang dibersihkan rutin juga akan terasa tetap nyaman dan ketahanannya pun bisa semakin lama. ** Baca juga: Ada Sejumlah Makanan yang Bantu Minimalisir Penuaan Dini

Kapan terakhir Anda mengganti peralatan tidur? (ilj/bbs)