oleh

Waktu Puasa Terlama Tahun Lalu Ada di 5 Negara Ini

Kabar6-Waktu berpuasa adalah dimulai dari terbitnya fajar kedua atau waktu subuh hingga terbenamnya matahari. Nah, di Indonesia sendiri waktu puasa Ramadan lebih kurang 13 jam.

Namun, sejumlah negara ternyata memiliki waktu berpuasa yang jauh lebih lama. Melansir beberapa sumber, berikut lima negara yang memiliki waktu puasa terlama pada Ramadan 2020 lalu:

1. Finlandia
Selain Greenland dan Norwegia, Finlandia juga termasuk dalam negara dengan waktu puasa yang terpanjang di dunia yaitu selama 20 jam. Diketahui, perbedaan lama waktu puasa antara satu kawasan dengan kawasan lainnya disebabkan oleh kedudukan matahari yang berbeda-beda, tergantung kedudukan garis lintangnya.

Finlandia sendiri terletak di lintang utara, sehingga waktu berpuasa pun menjadi lebih panjang dari kawasan lainnya. ** Baca juga: Negara Mana Saja yang Jadi Penghasil Kurma Terbesar di Dunia?

2. Jerman
Umat Muslim di Jerman melaksanakan puasa hingga 19 jam. Tidak hanya waktu puasa yang lama, mereka pun harus bertahan dengan teriknya cuaca di sana yang bisa mencapai sekira 35 derajat Celcius.

3. Inggris
Waktu berpuasa di Inggris pada 2020 lalu adalah 18,5 jam. Tidak sedikit umat Muslim yang ngabuburit di taman-taman, misalnya saja Hyde Park di London.

4. Rusia
Rusia terletak di dua benua, Asia dan Eropa, dengan waktu berpuasa selama sekira 17 jam. Negara ini memiliki cukup banyak masjid yang besar dan megah, yang dapat disambangi untuk menunggu buka puasa.

Salah satu masjid yang bisa jadi pilihan adalah Masjid Prophet Mohammed di Kota Shali, Chechnya. Masjid tersebut disebut sebagai masjid yang terbesar dan termegah di Benua Eropa.

5. Kanada
Negara paling utara di Amerika Utara tersebut memiliki waktu puasa hingga 17 jam. Satu hal unik, apabila Anda berpuasa di kota kecil yang dekat Kutub Utara bernama Inuvik, bersiaplah untuk melihat matahari nyaris 24 jam.

Berminat melancong ke salah satu dari lima negara tadi saat Ramadan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru