oleh

Wakil Walikota Tangerang: Pemerintah Butuh Partisipasi Masyarakat

Kabar6-Program sebaik dan sehebat apapun yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang, tidak akan mencapai hasil maksimal, tanpa adanya partisipasi aktif serta kesadaran dari masyarakatnya sendiri.
Demikian ditegaskan Wakil Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah, dalam Sosialisasi dan Penyuluhan tentang Program Lingkungan Bersih dan Pengolahan Sampah bertempat di Aula Kantor Kelurahan Batu Jaya, Kecamatan Batu Ceper, Rabu (9/1/2013).

“Terlebih dalam upaya membangun lingkungan perkotaan yang bersig dan sehat, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Kami membutuhkan partisipasi masyarakat dan kesadaran sleuruh pihak untuk turut menciptakan Kota Tangerang yang bersih dan sehat,” tuturnya.

Menurut Arief, Pemkot akan terus berkomitmen dan konsisten dalam membangun budaya bersih masyarakat Kota Tangerang. Salah satunya melalui Program 1000 Bank Sampah yang proses pekerjaannya dimulai pada tahun ini oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tangerang. “Untuk membangun budaya bersih dibutuhkan sinergitas seluruh komponen masyarakat,” tambahnya.

Dihadapan para peserta sosialisasi yang turut dihadiri ketua RT, RW, tokoh masyarakat, serta para kader kebersihan seperti dari Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS), Forum Kompos,  Wakil Walikota mengingatkan bahwa RT/RW, kader serta para tokoh masyarakat untuk terus mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk selalu peduli terhadap lingkungan melalui berbagai kegiatan diantaranya  pengelolaan sampah, kerja bakti  maupun penanaman pohon.
Melalui sosialisasi ini, masyarakat juga diberikan pemahaman serta pengetahuan bagaimana memanfaatkan sampah yang dapat bernilai ekonomis. “Ciptaan yang maha kuasa itu ngak ada yang sia-sia. Sampah bisa jadi berkah klo dikelola dengan benar,” terangnya seraya mengajak untuk selalu bebersih lingkungan karena manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat itu sendiri.

Terlebih Kota Tangerang sebagai kota penyandang Adipura dan peringkat pertama Kota Langit Biru terbaik se-Indonesia dan pada Februari, Kota  juga akan menjadi tuan rumah peluncuran program ‘Indonesia Bersih’ yang rencananya akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Kota Tangerang  harus menjadi barometer dalam hal kebersihan dan penghijauan bagi kota lainnya.” pungkasnya.(din)

Berita Terbaru