oleh

Wakil Bupati Tangerang Dengarkan Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD

Kabar6-Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli mendengarkan Pandangan Umum 8 Fraksi Atas nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2020 kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang H. Kholid Ismail. S.Ag, pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tangerang, Senin (22/3/2021).

Sebelumnya Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli sudah menyerahkan nota pengantar LKPJ Tahun Anggaran 2020 kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang pada, Kamis 19 Maret 2021.

Berikut Beberapa Pandangan Umum Praksi-Praksi DPRD Kabupaten Tangerang,

* Pandangan Umum Fraksi Partai PDI Perjuangan, mengatakan pasca terjadinya Pandemi covid-19 tentunya mempengaruhi prioritas anggaran dan sasaran pembangunan yang berakibat terjadinya pergeseran target dan sasaran serta prioritas daerah yang berakibat langsung kepada perubahan RKPD dan sasaran RPJMD 2019-2023.

Seperti refocusing dan beberapa penyesuaian anggaran di beberapa OPD lainnya, yang kami cermati adalah usaha usaha dan keberhasilan apa saja yang telah pemerintah daerah capai dalam mengatasi masalah tersebut,

Tema Pembangunan tahun 2020 Kabupaten Tangerang adalah Pemulihan ekonomi dan sosial dikarenakan adanya pandemi covid19 maka kebijakan pemda melakukan refocusing dan rasionalisasi anggaran di beberapa urusan dan program program kegiatan Pemerintah Kab Tangerang tetapi pada fakta dan datanya laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tangerang atau LPE minus 3,70 dibandingkan tahun 2019 sebesar 5.58.

* Pemandangan Umum Fraksi Partai Gerindra, beberapa evaluasi pada sektor pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Pendidikan yang dilakukan secara daring dianggap kurang efektif dan penting untuk menemukan solusi agar proses belajar benar-benar efektif. Baca Juga:Satgas Covid-19 Perum Sudirman Indah Tigaraksa Tindak Tegas PKL Berkerumun

Pada sektor kesehatan, masih terdapat kurangnya implementasi atas program PSBB hingga PPKMM yang telah diupayakan dan agar proses vaksinasi dapat tersentuh dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat. Terkait evaluasi pada sektor ekonomi dengan masih ditemukannya masyarakat yang hidup dalam garis kemiskinan, serta masih ketertinggalannya sektor jasa dibandingkan dengan sektor produksi.

* Fraksi Partai Gerindra memandang, terhadap program dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang sebagaimana tertuang dalam LKPJ Bupati tahun 2020, namun masih menyisakan pekerjaan yang harus disikapi dan dilanjutkan secara serius pada tahun anggaran berikutnya.

* Pandangan Umum Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Tangerang menyampaikan apresiasi atas penyampaian LKPJ Kepala Daerah Kabupaten Tangerang Tahun Anggaran 2020. Meskipun tahun 2020 datang masa pandemi, namun tidak menurunkan kinerja pemerintah daerah.

Justru capaian demi capaian ditorehkan oleh kepala daerah dengan meraih penghargaan di bidang kesehatan, pendidikan, dan tata kelola pemerintahan. Hal tersebut menunjukkan bahwa Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati telah bekerja keras dalam rangka memenuhi harapan publik.

Laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah merupakan laporan berupa informasi penyelenggaraan pemerintah daerah selama 1 (satu) tahun anggaran yang disampaikan oleh kepala daerah kepada DPRD. Secara spesisfik,

LKPJ Kepala Daerah Tahun Anggaran 2020 merupakan penjabaran visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD Tahun 2019-2023 dan RKPD Kabupaten Tangerang.

Adapun prioritas dan sasaran pembangunan kabupaten Tangerang Tahun 2020, disesuaikan dengan pasca terjadinya pandemi covid- 19. Isu strategis perubahan RKPD Kabupaten Tangerang diantaranya: penyakit menular covid 19, kemiskinan dan daya beli masyarakat, serta pelayanan publik.

Langkah Pemkab Tangerang melakukan recofusing dan rasionalisasi di beberapa urusan, program, dan kegiatan adalah langkah strategis di masa pandemi covid-19 sebagai upaya pemulihan ekonomi dengan harapan kehidupan masyarakat segera normal kembali.

Program jaring dan pengaman sosial serta upaya menggerakkan sektor riil masyarakat yaitu bantuan permodalan terhadap pelaku UMKM yang terdampak covid-19 adalah contoh nyata dari kepedulian pemerintah daerah sekaligus menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Tangerang hadir di tengah-tengah masyarakat (Han).

Berita Terbaru