oleh

Wah, Mood Ternyata Dipengaruhi Juga Oleh Cara Berjalan Lho

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selama ini mungkin Anda melihat bahwa cara berjalan seseorang hanya merupakan ciri khas orang yang bersangkutan. Namun tahukah Anda bahwa dengan melihat cara berjalan seseorang, kita mungkin bisa melihat apakah orang tersebut sedang senang, sedih, lelah, atau bersemangat?

Dalam sebuah penelitian, dikutip dari Dreamers, disebutkan bahwa orang yang sedang depresi cenderung berbeda dalam bergerak atau berjalan dibanding dengan orang yang sedang bahagia.

Tapi bagaimana dengan kebalikannya? Apakah cara berjalan bisa mempengaruhi suasana hati atau mood seseorang?

“Bukan suatu hal yang mengejutkan jika suasana hati dan apa yang kita rasakan dapat mempengaruhi cara berjalan, tapi kita ingin melihat apakah cara berjalan juga mempengaruhi bagaimana perasaan kita,” kata Nikolaus Troje, seorang senior di Canadian Institute.

Dilansir dari laman News Max Health, dalam studi ini para partisipan ditunjukkan kata-kata positif dan negatif seperti “cantik” dan “takut”.

Mereka kemudian diminta untuk berjalan di atas treadmill dengan kedua gaya (depresi dan bahagia).

Setelah mereka turun dari treadmill, para partisipan diminta untuk mengingat kata-kata yang sebelumnya ditunjukkan. Mereka yang berjalan dengan gaya depresi lebih banyak mengingat kata negatif daripada mereka yang berjalan dengan gaya yang bahagia.

Meski para peneliti menemukan hubungan antara gaya berjalan dan suasana hati, studi ini tidak membuktikan sebab dan akibat.

Studi ini, dikatakan Troje, meningkatkan pemahaman tentang bagaimana suasana hati dapat mempengaruhi memori. Orang yang depresi lebih mungkin untuk mengingat peristiwa negatif daripada yang positif. Dan hal itu akan membuat seseorang merasa lebih buruk. ** Baca juga: Berapa Kali Idealnya Mencuci Muka Dalam Sehari?

Sekarang, coba lihat cara Anda berjalan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru