oleh

Wah, Memotong Bahan Makanan Bisa Menyebarkan Bakteri

Kabar6-Sebelum diolah menjadi sebuah masakan, umumnya sayuran, daging, atau ikan yang digunakan sebagai bahan mentah, dipotong terlebih dahulu sesuai selera.

 

Namun siapa sangka, jika pisau yang digunakan untuk memotong bahan makanan yang berbeda, dapat menyebabkan terjadinya penyebaran bakteri. Perbedaan bahan makanan juga memiliki tingkatan kontaminasi yang berbeda-beda terhadap bahan lain.

 

Marilyn Erickson, seorang peneliti, menyatakan bahwa banyak yang menggunakan pisau mereka untuk memotong dua bahan yang berbeda secara bergantian. Hal itu ternyata dapat menimbulkan persebaran bakteri dari satu bahan makanan kepada bahan lainnya.

 

Marilyn juga menambahkan bahwa sebelum memotong bahan makanan yang lain, sebaiknya cuci dulu pisau agar tidak terjadi perpindahan bakteri.

 

Bakteri yang paling banyak dikandung dalam bahan makanan adalah E-Coli dan Salmonella. Bahkan dalam jumlah kecil, bakteri E-Coli ini jika masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan diare, kram perut, muntah-muntah, dan deman.

 

Beberapa sayuran seperti bayam dan selada merupakan sayuran yang paling banyak terinfeksi bakteri ini. Bakteri lain adalah Salmonella yang dapat menyebar melalui penggunaan alat masak. Bakteri ini dapat menyebabkan diare, demam, dan kram perut yang dapat terjadi antara 12 jam hingga satu minggu.

 

Disarankan agar mencuci pisau terlebih dahulu, sebelum memotong bahan makanan. Demikian juga ketika berganti jenis buah dan sayur yang akan dipotong. ** Baca juga: Jalani Menopause Bersama Kedelai

 

Meskipun buah dan sayur yang Anda potong dari luar terlihat baik, tetapi terdapat potensi penularan dan pengembangan bakteri ketika pisau yang digunakan tidak dicuci.

 

Usahakan juga agar tidak memotong bagian buah dan sayur yang terlihat membusuk, karena kemungkinan di situlah terdapat bakteri. Jangan lupa juga untuk mengelap buah dan sayur tersebut hingga kering agar bakteri benar-benar hilang dari permukaan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru