oleh

Wah, Festival Unik Ini Hanya Ada di Jepang

Kabar6- Jepang memang menarik. Tidak hanya kebudayaan, alam, maupun makanannya, tapi juga ada festival unik yang mampu menyedot hingga ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

 

Apa saja sih festival unik tersebut?

 

1. Hadaka Matsuri

Disebut juga Naked Festival. Meskipun disebut festival telanjang, orang-orang yang meramaikan festival ini tidak benar-benar telanjang bulat. Peserta festival masih menggunakan fundoshi (celana dalam Jepang). Festival ini diadakan setiap tahun, padamusim panas atau dingin.

 

Hadaka Matsuri yang paling terkenal di Jepang dinamakan Saidai-ji Eyo Hadaka Matsuri, yang biasa diadakan di Kuil Saidaiji di Okayama yang merupakan asal dari festival ini. Setiap tahun lebih dari 9.000 orang mengikuti festival ini, dengan harapan mereka akan mendapatkan keberuntungan sepanjang tahun.

 

2. Kanamara Matsuri

Merupakan Festival Shinto kuno yang dilakukan untuk menghormati kesuburan, mencegah penyakit seksual menular, dan mengumpulkan uang untuk penelitian HIV. Kanamara Matsuri diartikan sebagai Big Iron Penis Lord (Dewa Penis Besi Besar).

 

3. Onda Matsuri

Merupakan festival kesuburan paling kuno di Jepang. Memiliki ritual seks publik yang diadakan pada 3 Februari di Kuil Asuka-ni-imasu, Jepang Barat. Kuil Shinto ini dikenal luas berkat ritus kesuburan yang konon dapat membawa keberuntungan dalam perjodohan, pernikahan, dan kehamilan. Di kuil itu terdapat dua buah batu suci yang berbentuk alat vital pria dan wanita.

 

4.Ososo Matsuri

Dirayakan di Kuil Shinto Ooagata, Jepang, pada musim semi dengan tema kesuburan. Festival ini akan dipenuhi oleh para wanita yang membawa simbol Miss V melalui jalan-jalan kota di Inuyama, Jepang.

 

Perayaan tersebut tidak hanya dimaksudkan untuk kesehatan wanita, tetapi juga untuk mensyukuri hasil panen yang melimpah dan segala macam kemakmuran serta kesuburan.

 

Dipercaya dengan mengikuti festival tersebut, mereka dapat menyembuhkan kemandulan, impotensi, dan bisnis akan sukses pada tahun mendatang. ** Baca juga: Ini Sekolah Paling Keren di Dunia

 

5. Festival Takayama

Festival ini dimulai pada abad ke-16 hingga 17 di kota Takayama, Jepang. Diadakan pada musim semi (14-15 April) dan musim gugur (9-10 Oktober). Dianggap sebagai salah satu festival paling indah di Jepang, karena berupa parade yang dipentaskan 1.000 orang dengan setting abad ke-15.

 

Puncak festival ini adalah pesta karnaval dan parade boneka kuno. Semua pawai indah ini dihiasi dengan ukir-ukiran, boneka, tirai, vernis, dan tirai bambu.

 

Parade paling populer dalam Festival Takayama adalah parade Tokeiraku yang menampilkan orang memakai topi yang dihiasi dengan bulu burung. Festival ini juga diikuti oleh peluncuran 100 lampion cantik.(ilj)

Berita Terbaru