oleh

Waduk Karian Banten Dibangun November 2013

Kabar6-Waduk Karian yang terletak di Kabupaten Lebak akan segera dibangun pada November 2013.

Demikian diungkapkan Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Direktorat Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) Muhammad Hasan.

“Progres proyek pembangunan waduk Karian sudah tahap evaluasi finansial. Mudah-mudahan lancar, groundbreaking-nya November ini,” kata Muhammad Hasan kepada pers, Rabu (25/9/2013).

Ia menyebutkan, sudah ada sejumlah perusahaan yang lolos ke tahap evaluasi finansial, antara lain konsorsium Daelim (Korea) dan PT Wijaya Karya Tbk.

Hal senada diutarakan Wakil Menteri Pekerjaan Umum Achmad Hermanto Dardak. Ia optimis waduk Karian akan dibangun akhir tahun 2013.
“Proses tendernya sudah hampir selesai,” ujarnya.

Disebutkan, pembangunan waduk Karian seluas 2.170 hektar akan rampung pada 2017. Sumber pendanaannya berasal dari pinjaman Pemerintah Korea Selatan melalui Korea International Cooperation Agency (KOICA) sebesar US$ 100 juta atau sekitar Rp 973,4 miliar.

Pembangunan waduk tersebut, kata  Dardak, untuk mencukupi kebutuhan air baku di kawasan perkotaan dan industri di Tangerang, Serang, dan Cilegon dengan kapasitas sebesar 200 juta meter kubik.

Waduk Karian juga akan dimanfaatkan untuk penambahan pasokan air baku di DKI Jakarta sebesar 3,2 meter kubik per detik.(bbs/jus)

Berita Terbaru