oleh

Waduh, Tidur Mangap Bisa Rusak Gigi

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mungkin Anda termasuk orang yang tidur dengan mulut terbuka atau mangap. Meskipun terdengar sepele, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tidur mangap dapat menyebabkan banyak kerusakan pada gigi, seperti yang ditimbulkan oleh minuman soda.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Oral Rehabilitation, dilansir Bintang dari independent.co.uk, menunjukkan bahwa orang yang tidur dengan mulut terbuka memiliki risiko kerusakan gigi lebih tinggi ketimbang orang yang bernapas melalui hidung saat tidur.

Air liur secara alami mencegah penumpukan plak pada gigi Anda. Plak merupakan biofilm, yaitu sebuah lapisan bakteri yang melapisi gigi dan menimbulkan asam, penyebab kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Ketika tidur mangap, mulut akan cenderung kering saat bangun, karena kurangnya air liur untuk diproduksi. Akibatnya, plak bisa menumpuk pada gigi. Kondisi ini disebabkan karena tidak ada air liur yang membantu menjaga pertumbuhan bakteri sehingga berisiko pada kerusakan gigi. ** Baca juga: Pertimbangkan Efek 5 Jenis Diet yang Sedang Anda Jalani

Ditambahkan, tidur mangap juga dapat meningkatkan kadar keasaman menjadi 3,6 pH. Tingkat keasaman tersebut setara dengan minuman bersoda atau jeruk yang dikonsumsi sebelum tidur. Waduh…(ilj/bbs)

Berita Terbaru