oleh

Waduh, Surat Suara Tertukar Saat Mencoblos

Kabar6-Ratusan lembar surat suara di beberapa TPS di Kelurahan Tanah Tinggi, Kota Tangerang, Rabu (9/4/2014) dilaporkan tertukar dengan surat suara dari daerah pemilihan yang berbeda.

Informasi ini diketahui ketika petugas KPPS di TPS 58, RT 04/15, Kelurahan Tanah Tinggi, sedang melakukan pemunggutan suara.

Tak urung, tertukarnya sebanyak 290 surat suara itu, sempat membuat petugas pemilihan KPPS kelabakan.

Anggota PPS kelurahan Tanah Tinggi, Yani mengakui adanya surat suara yang tertukar tersebut. Bahkan, dia menyebutkan ada tiga TPS di RW 15 kelurahan Tanah Tinggi, Kota Tangerang, yang tertukar dengan dapil lain.

“Iya. Tiga TPS tertukar dengan dapil lain,” katanya saat ditemui di TPS 58.

Yani pun sudah melaporkan kejadian itu ke KPU Kota Tangerang dan minta agar surat suara tersebut diganti.

Namun, sampai saat ini belum ada keputusan lebih lanjut terkait kapan surat suara itu dapat didistribusikan ke ke Tiga TPS ini.

“Kita sudah laporkan dan masih menunggu informasi dari KPU,” pungkasnya.

Sementara, anggota KPPS TPS 58, Suryadi mengatakan, kejadian tertukarnya surat suara saat sedang dilakukan pemilihan.

Surat suara yang tertukar itu diterima dari Daerah Pemilihan (dapil) Banten 6, yaitu Kecamatan Cipondoh, Pinang dan Ciledug.

“Kita menerima surat suara provinsi dari Banten 6. Seharusnya yang kita terima surat suara dari Banten 5,” kata Suryadi.

Suryadi menambahkan, saat ini pelaksanan pemilihan tertunda akibat tertukarnya suara suara dari KPU Kota Tangerang.

“Kita informasikan ke PPS kelurahan tertukarnya surat suara. Akibat suara tertukar pemilihan jadi tertunda,”ujarnya. **Baca juga: Mantan Ketua KPK Ogah Golput.

Terpisah, Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi mengatakan, ada 6 TPS di tiga wilayah yang tertukar surat suaranya, salah satunya, Cibodas, Jatiuwung, Cipondoh.(Evan)

 

Berita Terbaru