oleh

Waduh, Stok Darah PMI Tangsel Tinggal 37 Kantong

Kabar6-Sudah menjadi tradisi tahunan bila sepanjang bulan Ramadhan lembaga Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kekurangan stok darah. Keterbatasan jumlah stok ini terjadi pada semua jenis golongan darah.

“Jumlah kantong darah untuk setiap golongan darah terbatas,” ungkap Kepala Laboratorum Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangsel, Muhammad Alwan, Jumat (12/7/2013).

Ia memaparkan hingga kini stok kantong darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Tangsel untuk golongan darah A hanya berjumlah 10 kantong. Sedangkan golongan darah B tujuh kantong, golongan O sebanyak 15 kantong dan AB sebanyak lima kantong.

Menurut Alwan, biasanya setiap hari sebanyak 10 hingga 20 orang yang mendonorkan darahnya. Namun, pada hari ketiga bulan puasa ini hanya ada empat orang.

“Sementara dalam bulan ini, jumlah kantong darah ini kurang dari biasanya. Biasanya selama bulan ramadan banyak yang membutuhkan darah,” ucapnya.

Menurutnya salah satu alasan masyarakat tidak mendonorkan darahnya karena tidak memiliki pemahaman cukup tentang arti pentingnya donor darah. Bahwa donor darah, aman bagi kesehatan selama memenuhi syarat. Selain itu pendonor masih didominasi olehumat muslim.

“Selain itu juga banyak yang beralasan lain seperti usia, tekanan darah tidak memenuhi surat, HB rendah BNB kurang, memiliki penyakit seperti DM Ginjal, TBC, Hepatitis, DBD, Malaria, sedang mengkonsumsi obat,” terangnya.

Alwan menambahkan, khusus alasan yang menyebabkan jumlah pendonor darah menurun drastis untuk saat ini, karena tengah berpuasa. Padahal, setiap bulannya kebutuhan darah sebanyak 400 hingga 500 kantong darah.

“Kalau alasan terbanyak tidak mendonor selama puasa karena HB-nya rendah atau TD tinggi atau rendah,” katanya.

Meskipun pendonor darah berkurang, pihaknya terus mencari pendonor dengan menghampiri pusat perbelanjaan serta tempat ibadah. Seperti ke masjid-masjid, gereja serta pura yang ada di wilayah Kota Tangsel.

“Dengan cara ini mudah-mudahan bisa menambah persediaan darah selama bulan ramadan,” ujarnya.(yud)

Berita Terbaru