oleh

Volume Sampah di Tangsel Meningkat 20 Persen

Kabar6-Daya beli dan konsumsi masyarakat sepanjang bulan suci Ramadan hingga pascahari lebaran dipastikan meningkat.

 

Kondisi itu berimplikasi pula pada peningkatan volume sampah yang mayoritas disumbang dari pasar-pasar modern dan tradisional di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

 

Kepala Bidang Kebersihan, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangsel, Yepi Suherman, mengatakan pada waktu biasanya volume sampah hanya berkisar 200 ton per hari.

 

“Tapi sekarang jadi naik, diperkirakan volumenya mencapai 240 ton per hari,” terang Yepi saat dihubungi wartawan, Rabu (8/7/2015).

 

Meski meningkat, Yepi memastikan penumpukkan sampah tidak bakal terjadi. Pasalnya, DKPP Kota Tangsel telah menyiapkan 39 truk amrol, 32 mobil pick up serta 350 petugas kebersihan.

 

Ratusan petugas kebersihan ini siaga mulai malam takbiran hingga H+5 lebaran. “Petugas yang kami siagakan tidak libur, mereka tetap bekerja selama Lebaran. Makanya kami menjamin tidak ada penumpukan, meski volume sampah meningkat,” katanya.

 

Menurutnya, petugas kebersihan bahkan saat takbiran bekerja hingga pukul 04.00 WIB, dan berlanjut hingga pagi hari sesudah salat Ied biasanya, intensitas sampah menurun. ** Baca juga: NPHD Cair, Panwascam Tangsel Tancap Gas

 

“Kalau sudah salat ied, warga banyak yang mudik maupun silaturahmi ke luar kota. Volume sampah mulai normal kembali,” jelas Yepi.(yud)

Berita Terbaru