oleh

Virtual Menjadi Alternatif Seniman di Kota Tangerang Tetap Berkreatifitas

Kabar6-Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang sejumlah pementasan kebudayaan secara virtual, agar para seniman bisa tetap berkreasi dimasa pandemi.

Kepala Bidang Budaya Disbudpar, Kota Tangerang, Sumangku Getar mengatakan, beberapa kegiatan virtual menjadi alternatif keseimbangan pandemi, masyarakat masih bisa berkreasi. Pementasan vitual banyak memfasilitas beberapa seniman, tari, dari dewan kesenian, dan musik.

Ia mengatakan, dimasa pandemi kegiatan-kegiatan yang dilakukan masih menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

“Terkait kegiatan dinas masih menyesuaikan dengan pandemi covid 19,” ujar Sumangku.

Saat ini, agenda yang sedang berjalan meliputi pelatihan hadroh hingga qasidah. Untuk kegiatan yang bersifat perlombaan, Sumangku mengatakan sedang mempertimbangkan hal tersebut.

“Agendanya seperti hadroh, qasidah, rabana itu yang sedang berjalan. Untuk perlombaan kita lagi pikirkan,” katanya.

Pihaknya sedang melakukan penelitian salah satu cagar budaya yang ada di Kota Tangerang, hal tersebut sebagai langkah menginventarisir untuk ke depan.

**Baca juga: Polisi Temukan 10 Aplikasi Pinjol Ilegal di Cipondoh Tangerang

“Penelitian cagar budaya di kali pasir sedang berproses, kampung tematik menjadi kebutuhan dan menjadi agenda. Dongeng dan legenda banyak persepsi dan banyak pandangan tugas kebudayaan,” katanya.

“Pemerintah tidak akan mampu sendirian tanpa penggiat-pegiat kebudayaan bertumbuhan dan mau bersama-sama mengisi hidupnya dengan ruang kebudayaan,” tandasnya. (Oke)

Berita Terbaru