oleh

Viral Air Perumdam Muncrat di Serpong, Apa Penyebabnya?

Kabar6-Beredar video viral muncratan air dari pipa air Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kerta Raharja milik Kabupaten Tangerang. Lokasi kebocoran berada tepat di sebelah jembatan Jeletreng dan SMP Negeri 1 Kota Tangerang Selatan di Serpong.

Saat penelusuran ke lokasi, air yang muncrat dari pipa itu sedang diperbaiki oleh tim dari Perumdam TKR Cabang Serpong. Uus, teknisi mengatakan, muncratan air tersebut memang disengajakan karena sedang proses pembersihan atau flushing.

“Sengaja dibuka nguras air, ada yang mampet, konsumen ngeluh kotor air jadi dibuang dulu air nya, flushing gitu,” ujarnya di lokasi, Kamis (11/6/2020).

Uus memastikan, pancuran air itu bukan lah kebocoran dari pipa air Perumdam, dan mengaku sedang perbaikan karena kesumbat. “Kesumbat ada kotoran, sampah, ini aliran dari PAM TC yang deket BATAN, kesumbat karena sampah,” terangnya.

Uus menjelaskan, perbaikan itu sudah berlangsung dari jam 12.00 siang tadi, dan diakuinya tidak menghambat lalu lintas saat pancuran air deras. Dikatakan Uus, saluran pipa ini sendiri melayani wilayah sekitar komplek perumahan elit BSD, Serpong.

“Ini aliran sampai Vila Melati Mas, emang sengaja dibuang, sekarang udah lancar lagi. Seharusnya memang 2 bulan sekali dibersihkan,” paparnya.

**Baca juga: Masa Berlaku SIM Habis Bisa Diperpanjang Sampai 31 Agustus 2020.

Sementara itu, Humas Perumdam TKR, Samsudin saat dikonfirmsi mengatakan, bahwa kejadian itu bukanlah kebocoran dari pipa. “Tapi emang kita sedang ada kegiatan flusing pipa,” ungkapnya.

Dijelaskannya, proses flushing adalah untuk membersihkan atau menguras air. “Makanya diflusing, dan buang angin supaya lancar dan bersih,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru