Vihara Ekayana di Summarecon Gading Serpong Diresmikan

Peresmian Vihara Ekayana. (BL/hms)

Kabar6-Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin meresmikan langsung Vihara Ekayana Serpong di Summarecon Gading Serpong, Minggu (17/12/2017).

Pemilik Group Summarecon Agung Sucipto Nagaria mengatakan Summarecon sudah ikut berpartisipasi dalam pembangunan tempat ibadah, diantaranya seperti Masjid, Gereja dan tempat ibadah lainnya. Namun untuk kaum Agama Budha belum mempunyai tempat ibadah. Summarecon akhirnya berpikir sejak pada Januari 2015 untuk memulai pembangunan Vihara Ekayana Serpong. Akhirnya pada 2017 ini pembangunan Vihara Ekayana ini dapat rampung.

“Kami sudah membangun berbagai tempat ibadah seperti masjid, gereja dan tempat ibadah lainnya, hanya saja tempat ibadah untuk Agama Budha belum ada, maka kami membangun Vihara tersebut untuk Agama Budha dapat melaksanakan ibadahnya,” ucapnya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan kegiatan keagamaan yang dilakukan ini merupakan suatu proses yang dinamis, yang selalu bergerak dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan zaman. Untuk itu fungsi-fungsi tersebut perlu senantiasa diaktualisasikan dengan berbagai kegiatan operasional yang nyata, sehingga dapat memberikan kebermaknaan kepada umat dalam menjalankan kehidupan keagamaannya.

“Saya berharap dengan kondisi apapun kita semua sebagai mahluk sosial dan sebagai ummat beragama harus tetap optimis bahwa jika kita semua dapat bersatu padu menggalang kebersamaan dan mengembangkan segenap potensi yang dimiliki, Karena jika hal itu dapat kita wujudkan maka bukan mustahil kita akan dapat membawa umat dan bangsa ini terhindar dari malapetaka keterpurukan, menuju umat dan bangsa yang sejahtera, mandiri, bermartabat, religius dan berkepribadian, serta bersikap lebih terbuka dan toleran,” paparnya.

Zaki menambahkan, Pemerintah Daerah menyambut baik dengan telah diresmikannya Vihara Ekayana Serpong ini, semoga dengan hadir gedung peribadatan ini, dapat memberikan landasan spiritual dalam memecahkan berbagai problem sosial kemasyarakatan dan kebangsaan khususnya kepada masyarakat Kabupaten Tangerang yang beragama Budha.

Lukman Hakim Saefuddin Selaku Menteri Agama mengatakan keberadaan rumah ibadah umat Budha yang sangat memadai ini. Pembangunan Vihara Ekayana Serpong ini merupakan aktualisasi dari kemajuan kehidupan beragama umat Budha.

Hal itu tercermin dari meningkatnya tempat ibadah yang semula kecil menjadi vihara yang lebih besar dan representatif, sehingga menjadi lebih mewadahi kegiatan-kegiatan yang dilakukan umat Budha.**Baca Juga: Ribuan ASN Pemkab Tangerang Ikut Gerak Jalan Kebangsaan.

“Diharapkan semakin menumbuhkan kesadaran beragama dikalangan umat Budha, sehingga lebih menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya sehingga terus berkembang memuliakan kehidupan, dan umat Budha semakin dapat lebih menumbuhkan keyakinan dan rasa bakti terhadap agamanya dan kesetiaan pada negara,” katanya.(BL/hms)