oleh

Versi Konsepindo, Prabowo Menang Telak di Banten

Kabar6-Hasil hitung cepat atau quick qount sementara pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-KH Ma’ruf Amin gagal mendulang suara di Provinsi Banten. Rivalnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno justru memperlebar jarak angka kemenangan dari pemilu sebelumnya.

Quick qount sementara yang dilakukan lembaga survey Konsepindo secara umum yang menang Prabowo. Diperkirakan hasil perolehan suara sama seperti Pemilu 2014 atau lebih.

“Data masuk 47 persen untuk Banten. Hasilnya Jokowi 39,95 persen dan Prabowo 60,05 persen. Datanya sama dengan Pilpres 2014 lalu,” kata Direktur Eksekutif Konsepindo, Veri Muhlis Arifuzzaman di Serpong, Rabu (17/4/2019).

Ditanya alasan petahana kalah, apalagi KH Ma’aruf adalah putra kelahiran Banten. Veri menyatakan, sosok kyai bukan tidak ada pengaruhnya. Tetapi dianggap putera daerah yang tidak mengurus tanah kelahirannya.

“Karena memang tinggalnya lebih banyak di Jakarta. Ada stigma seperti itu,” jelasnya.**Baca Juga: Surat Suara Tercoblos, WH: Itu Sebenarnya Karena Titik Kecil.

Berbagai upaya dilakukan oleh banyak pihak untuk membangun kebanggaan bahwa wakil presiden adalah putra asli Banten. Bahkan nantinya secara faktual terpilih, KH Ma’aruf menjadi orang nomor dua di Indonesia.

“Tapi ternyata itu tidak cukup untuk memikat warga di sini. Kemungkinan mereka lebih memegang prinsip-prinsip yang dianutnya, dan ini semua terkait dengan politik identitas yang marak,” ujar Veri.(yud)

Berita Terbaru