oleh

Vakum Terbang Akibat Pandemi, Seorang Pilot Lupa Nyalakan Mesin Kedua Sebelum Lepas Landas

Kabar6-Sebuah pesawat komersial nyaris mengalami kecelakaan setelah sang pilot lupa menyalakan mesin kedua saat akan lepas landas di sebuah bandara Amerika Serikat (AS).

Pilot yang tak diungkap identitasnya itu, melansir Fortune, diketahui baru sembuh dari COVID-19 setelah menjalani istirahat dalam waktu lama. Jadi, ini merupakan penerbangan pertamanya setelah sembuh. Sistem Pelaporan Keselamatan Penerbangan AS (ASRS), database keselamatan yang dilaporkan secara sukarela oleh pilot, kru, dan pengontrol lalu lintas udara ATC, mengungkapkan bahwa peristiwa itu terjadi pada Desember 2020 lalu.

Dikatakan, pilot tadi baru pulih dari infeksi COVID-19, sehingga membuatnya kurang fokus saat bertugas. Laporan itu tidak menyebutkan nama, maskapai, atau bandara tempat kejadian.

Insiden lain juga melibatkan pilot yang baru bertugas setelah tujuh bulan istirahat akibat pandemi COVID-19. Pesawat yang dibawanya nyaris mendarat tanpa roda karena lupa dikeluarkan. Pilot itu menyadari kesalahan dan mengeluarkan roda pendaratan saat pesawat berjarak 240 meter dari landasan.

Beberapa pekan sebelumnya, pesawat meninggalkan bandara menuju arah yang salah. Pesawat itu diterbangkan seorang kapten yang juga baru pertama bertugas setelah tak terbang selama enam bulan lebih akibat berkurangnya penerbangan. ** Baca juga: Cerdik, Anak Miliarder Inggris yang Diculik Kirim Kode Rahasia Minta Pertolongan ke Ayahnya

Semua peristiwa itu terjadi di Amerika Serikat. Para pilot mengakui kelalaian mereka dan menyalahkan kurangnya penerbangan selama pandemi COVID-19. Data dari konsultan Oliver Wyaman mengungkapkan, pemangkasan penerbangan besar-besaran oleh maskapai dunia selama pandemi membuat sekira 100 ribu pilot berhenti terbang dalam waktu lama.

Bahkan, ada pilot yang belum terbang kembali selama lebih dari 18 bulan. Nah, dengan membaiknya pandemi COVID-19 di banyak negara, penerbangan berangsur pulih. Kondisi ini memungkinkan para pilot kembali mengudara.(ilj/bbs)

Berita Terbaru