oleh

Usut Penyebab Banjir dan Longsor, Polda Banten Panggil Pengelola Hutan

Direktur Krimsus Polda Banten, Kombes Nurullah.(zis)

Kabar6-Polda Banten melakukan penyelidikkan terkait dugaan adanya pembalakan liar di Gunung Aseupan, Kabupaten Pandeglang dan Gunung Pabeasan di Kabupaten Serang, yang di duga menjadi penyebab terjadinya banjir bandang dan longsor di Banten.

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Krimsus) Polda Banten akan memanggil tiga pengelola hutan di Banten. Sedangkan keterangan dari dua masyarakat setempat sudah diambil.

Direktur Krimisus Polda Banten, Kombes Nurullah memastikan, bila dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil pengelola hutan, termasuk dinas kehutannya. Langkah itu juga demi mencegah benkana yang akan timbul kemudian. **Baca juga: Personel Korem 052 Wijayakrama Mulai Normalisasi Sungai Cirarab.

“Kepala Desa (Kades) pun nanti akan kami panggil untuk di mintai keterangan. Karena di daerah Carita itu kan tidak pernah longsor. Untuk sekarang kami sudah mendapatkan informasi dari masyarakat dan korban,” kata Dirkrimsus Polda Banten Kombes Nurullah, saat di temui di Polda Banten. **Baca juga: Kemenag dan MUI Kabupaten Tangerang Imbau Warga Geser Arah Kiblat .

Lanjut dia, pihaknya akan mencari penyebab longsor tersebut sampai betul-betul clear, sehingga bisa mendapatkan data adanya indikasi pembalakan liar di wilayah hutan itu. **Baca juga: Antisipasi Kanker Serviks, BPJS Gelar Pemeriksaan IVA Gratis.

“Waktu pas memantau pakai helikopter, kami melihat ada beberapa wilayah yang bekas tebangan. Namun, kami belum bisa memastikan apakah itu penebangan liar atau bukan,” pungkasnya.(zis)

Berita Terbaru