oleh

Usai Lebaran, Kota Tangerang Diserbu Pencari Kerja

Kabar6-Pasca Lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah, jumlah pencari kerja yang tercatat di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang melonjak tajam.

Lonjakan jumlah pencari kerja tersebut terlihat dari tingginya jumlah pemohon kartu kuning (kartu pencari kerja) yang datang ke Disnaker Kota Tangerang.

Staff Pelaksana Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Disnaker Kota Tangerang, Mukhtar mengatakan, dalam kurun waktu sepekan usai lebaran idul Fitri (sejak tanggal 12 hingga 19 Agustus), jumlah pemohon kartu kuning yang datang ke Disnaker Kota Tangerang mencapai 1.037 orang.

Jumlah tersebut, kata Muhktar, mengalami kenaikan hingga hampir 100 persen, bila dibandingkan pada sepekan setelah lebaran Idul Fitri 1333 hijriah tahun 2012 lalu.

“Pemohon kartu kuning yang datang tidak hanya berasal dari lulusan SMA dan SMK saja, melainkan juga ada yang dari lulusan SI (sarjana). Karena kartu kuning tersebut juga akan digunakan pemohon sebagai syarat untuk mendaftar sebagfai Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) yang rencananya akan dibuka September mendatang,” ujarnya.

Sementara, Junaedi, salah seorang pemohon kartu kuning mengaku mengurus kartu kuning untuk melamar kerja di wilayah Jakarta. “Ya namanya juga usaha, jadi semua perusahaan harus dicoba. Mudah-mudahan ada yang diterima,” ujarnya.(Ali)

Berita Terbaru