oleh

Urbanisasi, ASDP Prediksi Arus Balik Naik Lima Persen

Kabar6-Jumlah pemudik saat arus balik lebaran diprediksi bakal lebih banyak lima persen dibanding saat arus mudik.

Berdasarkan pengalaman arus mudik tahun-tahun sebelumnya, kebanyakan pemudik yang menyeberang dari Pulau Jawa ke Sumatera, akan kembali dengan mengajak serta sanak keluarga maupun kerabat dari kampung halaman.

Hal tersebut, dipicu faktor ekonomi. Sanak famili yang diajak berharap mendapatkan pekerjaan di Pulau Jawa, khsusnya di Jakarta dan sekitarnya.

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak memprediksi, gelombang urbanisasi melalui pelabuhan Bakaeuni – Merak mencapai lima persen atau sekitar 3.500 jiwa dari total pemudik yang menyeberang ke Pulau Sumatera sebanyak 647.800 jiwa.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario Sardadi Oetomo mengatakan, prediksi tersebut berdasarkan data perbandingan pengguna jasa penyeberangan saat arus balik dan mudik Lebaran tahun sebelumnya.

“Kalaupun terjadi urbanisasi, kemungkinannya hanya sekitar 3.500 orang atau 5 persen dari jumlah pemudik,” kata Mario, ditemui di Pelabuhan Merak, Jumat (24/7/2015).

Namun demikian, angka urbanisasi tahun ini diprediksi menurun dari tahun lalu, seiring dengan pertumbuhan perekonomian masyarakat di wilayah Sumatera. **Baca juga: Enam Kecamatan di Tangerang Bakal Disasar Pendatang Baru.

“Banyak program pemerintah yang sedang dilaksanakan di Sumatera. Misalnya, rencana pembuatan tol trans Sumatera. Dengan begitu akan ada banyak lowongan pekerjaan untuk warga pribumi,” katanya.(van)

Berita Terbaru