oleh

Upsss, Deteksi Kondisi Tubuh Bisa Lewat Kentut

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Flatulensi adalah keluarnya gas melalui anus atau dubur akibat akumulasi gas di dalam perut, terutama dari usus besar atau kolon. Peristiwa keluarnya gas disebut juga kentut atau buang angin. Kentut biasanya ditandai dengan rasa mulas di perut.

Kentut termasuk salah satu proses pencernaan. Saat mencerna makanan, dikutip Vemale, akan ada proses fermentasi yang akhirnya menghasilkan gas dalam perut.

Nah, gas inilah yang akhirnya menjadi kentut. Semakin banyak orang mengonsumsi makanan yang susah dicerna oleh usus, akan semakin meningkat pula proses produksi gas dalam perut yang akhirnya menyebabkan kentut.

Tahukah Anda jika kentut ternyata bisa menjadi indikasi apakah tubuh sehat atau tidak? Kentut dengan bau yang busuk bisa jadi indikasi pencernaan sedang tidak beres.

Jika ini berlangsung selama berhari-hari bisa jadi ini adalah tanda intoleransi makanan atau bahkan yang lebih serius tanda kanker usus besar. ** Baca juga: Ingin Tampil Lebih Menarik di Mata Wanita? Pakai Deodoran

Kentut yang sering dalam sehari bisa jadi disebabkan karena Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang memproduksi gas dalam kadar tinggi. Salah satu minuman yang memproduksi banyak sekali gas adalah kopi.

Frekuensi dan bau kentut disebabkan oleh pola makan, stres, atau mungkin saat ini Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Seseorang yang baru saja sembuh dari gangguan pencernaan, cenderung mengalami kentut yang berlebihan.

Secara garis besar, kentut tak perlu terlalu dikhawatirkan selama tidak berlebihan dan tak menunjukkan tanda-tanda yang tidak biasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru