oleh

Untuk Pertama Kalinya, Inggris Pamerkan Artefak Tangan Palsu Berusia 3.500 Tahun

Kabar6-Sebuah artefak berupa tangan palsu yang diciptakan sekira 3.500 tahun yang lalu, untuk pertama kalinya dipamerkan di Inggris Raya, pada pameran World of Stonehenge di British Museum.

Sebelumnya, melansir Telegraph, artefak tangan palsu itu hanya dipamerkan satu kali dengan tampil singkat di Jerman. Artefak yang kemungkinan berfungsi sebagai pisau itu ditemukan di Swiss barat pada 2017, berasal dari antara 1.500 dan 1.400 SM, terbuat dari perunggu dengan rantai manset berlapis emas.

Detektif menemukan artefak yang terkubur dalam pemakaman manusia di dekat Danau Biel, bersama dengan hiasan rambut, belati perunggu, dan peniti jubah. Sementara itu, kurator British Museum, Neil Wilkin, menilai artefak yang ditemukan kemungkinan besar digunakan sebagai tangan palsu.

“Beberapa ahli mempermasalahkan hal ini karena kondisi mayat yang terlalu membusuk, sehingga sulit untuk memastikan bahwa itu cocok untuk individu tersebut. Ini artefak yang sangat menakjubkan dan saya belum pernah melihat yang seperti ini,” kata Wilkin.

Menurut Wilkin, tangan palsu juga bisa dijadikan senjata karena memiliki jari-jari yang tajam. “Teori alternatifnya adalah bahwa itu mungkin wadah minuman yang terinspirasi oleh budaya Mesopotamia,” tambahnya.(ilj/bbs)