oleh

Untuk Kesehatan Otak, Konsumsi 5 Sayuran Ini

Kabar6-Menjaga kesehatan otak sangat disarankan, salah satunya dengan mengonsumsi sejumlah makanan dengan berbagai zat gizi yang diperlukan untuk menjaga fungsi optimal otak.

Warna pada sayuran dapat mengisyaratkan jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sayuran berwarna alami kuning, merah dan hijau terbukti mengandung zat-zat gizi yang penting bagi kesehatan otak. Melansir Kompas, berikut beberapa sayuran baik untuk kesehatan otak:

1. Bawang bombay
Warna kuning pada bawang bombai berasal dari sekelompok flavonoid yang disebut antozantin, yang dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi otak dari radikal bebas.

Sementara, aroma bawang yang khas berasal dari uap berminyak mengandung sulfur. Ketika dihirup, uap ini memang dapat mengakibatkan rasa pedih pada mata. Namun, sulfur tersebut ternyata dapat juga bermanfaat untuk membantu melawan racun yang bisa menyebabkan pikiran kacau dan tidak fokus.

Bawang bombai pun dapat merangsang aktivitas asam amino otak dan sistem saraf dengan cara mengubah asam amino menjadi neurotransmitter. Melalui neurotransmitter inilah otak memproses informasi yang masuk.

2. Brokoli
Merupakan jenis kubis yang mengandung 90 persen air, dan sangat kaya akan vitamin serta mineral. Sayuran berwarna hijau tua ini dianggap ampuh dalam melawan radikal bebas serta melindungi sel tubuh dan otak dari efek oksidatif atau proses hilangnya elektron dari bahan kimia.

Selain mengandung banyak flavonoid, brokoli juga kaya akan zat gizi, kalsium, potassium, dan vitamin C yang baik untuk otak. Semangkuk brokoli yang dimasak bahkan bisa mengandung lebih banyak vitamin C daripada dua buah jeruk.

Tapi, vitamin C pada sayuran mudah rusak saat disimpan dan dimasak. Jadi, beli brokoli secukupnya saja untuk segera dimasak. Pilihlah yang berwarna hijau gelap karena masih mengandung banyak zat gizi.

3. Bit
Bit dianggap sebagai bonus makanan otak karena mengandung banyak zat gizi penting untuk organ vital ini. Diketahui, untuk menghasilkan energi, otak perlu karbohidrat dan glukosa.

Sementara, bit sangat kaya akan karbohidrat siap pakai dan merupakan sumber zat besi yang dapat membantu aliran darah membawa oksigen ke otak. Warna ungu bit disebabkan adanya antosianidin yang dapat melindungi membran sel otak yang sangat lembut dan menjadikannya lebih mudah menerima pesan neurotransmitter.

Bit juga kaya akan zat kimia, seperti sodium, potasium, kalsium, fosfor. Semua mineral tersebut diketahui penting bagi kesehatan mental. Di mana, mineral-mineral itu bekerja sama untuk menghasilkan dan mengirimkan pesan saraf.

4. Paprika merah
Paprika hijau dan merah terbukti kaya akan kandungan antioksidan berupa vitamin C dan betakaroten yang merupakan pro-vitamin A. Tapi, kandungan vitamin C pada paprika merah lebih tinggi 20 persen dibanding paprika hijau. Tak hanya itu, kandungan betakaroten pada paprika merah juga 15 kali lebih banyak dibanding paprika hijau.

Warna merah pada paprika itulah yang menunjukkan ada banyak kandung betakaroten yang baik untuk kesehatan otak. Paprika yang bermutu akan tampak segar, kencang, berwarna cerah, dan berdaging tebal.

5. Tomat
Warna tomat yang merah cerah ditimbulkan oleh sejenis fitokimia yang disebut likopen. Likopen adalah sejenis antioksidan yang sangat kuat untuk melindungi sistem otak dan saraf.

Tomat juga mengandung berbagai mineral dan vitamin B yang dapat membantu kekuatan otak dan menghasilkan neuromessenger (pembawa pesan saraf) di otak. Pilihlah tomat yang segar, merah, dan terkecil karena kandungan likopen dan vitamin C di dalamnya paling banyak.

Apabila tomat segar tidak tersedia di sekitar, Anda bisa juga memilih tomat kaleng yang diyakini masih mengandung 2/3 vitamin C dan 1/3 karotenoid dari tomat segar. ** Baca juga: Apa Sebenarnya Manfaat Vitamin C dan E Bagi Kulit?

Konsumsi makanan yang tepat akan menjaga kesehatan otak dalam jangka panjang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru