oleh

Unko Museum di Jepang Tampilkan Koleksi Kotoran

Kabar6-Tidak semua yang ‘berbau’ museum memajang berbagai benda antik atau langka. Buktinya, sebuah museum di Jepang justru menampilkan koleksi kotoran. Ya, museum kotoran bernama Museum Unko (Poop Museum) akan segera hadir di Yokohama.

Instalasi bertema kotoran itu, melansir timeout, merupakan antitesis dari bunga segar yang lembut, dan museum ini dijamin tidak menghadirkan sesuatu yang vulgar. Seperti tradisi Jepang, di mana sebuah hal unik atau istilahnya disebut kawaii, artinya akan diciptakan menggemaskan, museum ini akan dibuat instagramable dengan maskot Unberuto atau tumpukan kotoran berjalan.

Poop-Boy, tokoh feses antropomorfik lain dari seri manga 1984, Dr Slump menjadi salah satu yang telah menginspirasi banyak budaya kawaii kotoran Jepang. Menurut Wired, Jepang meluncurkan emoji kotoran pertamanya pada 2000, satu dekade sebelum Konsorsium Unicode mengadopsi emoji ‘Tumpukan Poo’ tersenyum yang terkenal sampai saat ini.

Museum Unko bukan museum kotoran pertama di dunia. Di Museo Della Merda, Italia, ada sebuah museum yang mencakup sejarah kotoran serta penggunaan inovatif untuk pupuk kandang. Ada juga Museum Poo Nasional di Isle of Wight, Inggris, di mana Anda dapat menemukan pajangan berbagai jenis kotoran, serta kotoran fosil dari 140 juta tahun yang lalu. ** Baca juga: Transdniestria, Negara yang Tidak Diakui Dunia

Di Museum Unko, Anda bisa berselfie ria di depan tumpukan kotoran. Sayangnya, pameran itu akan ditutup pada 15 Juli 2019. Sementara Museum Unko dijadwalkan akan dibuka 15 Maret mendatang, periode di mana turis internasional mulai berbondong-bondong berwisata ke Jepang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru