oleh

Unjuk Rasa Buruh Pabrik Sepatu Nike di Tangerang Ricuh

Kabar6-Ratusan Buruh dari DPC FSB Garteks Tangerang Raya menuntut dihapus segala bentuk diskriminasi di PT Ching Luh Indonesia dan PT Victory Ching Luh. Aksi unjuk rasa itu berujung berujung ricuh.

Diketahui, aksi orasi PT Ching Luh di Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang sudah berjalan dua hari. Namun sampai kini belum ada konteribusinya dari perusahaan yang memproduksi sepatu merek Nike tersebut.

Salah satu koordinator aksi, Garteks Aris menerangkan aksi unjuk rasa bermula dari 5 orang buruh yang bergabung dari serikat Garteks KSBSI diputus hubungan kerja.

“Ada 5 buruh sebagai pengurus di PHK Seacra sepihak. Pekerjakan kembali pekerja yang di PHK di PT Ching Luh,” ujar Aris saat di mintai ketawa oleh awak, pada Selasa, (9/11/2021).

Aris juga menambahkan, harapannya jangan sampai ada diskriminasi kepada pihak Garteks KSBSI.

“Jangan sampai ada lagi diskeriminasi, perusahaan harus menerima serikat buruh, temen temen yang 5 orang itu di kerjakan kemabali,”ungkapnya

Menurutnya, Garteks itu salah satu yang menandatangani kebebasan dalam berserikat. Garteks juga sudah ada kesepakatan antara Garteks dengan pemilik merek Nike.

“Pembuat merek Nike harus mematuhi kebebasan berserikat kepada pekerjanya,” ujarnya.

Aris juga menerangkan kericuhan dari buruh karena dihalangi untuk berorasi di depan gerbang oleh pihak kepolisian. Saling mendorong tidak ada hanya saja adu mulut. Sementara pihak kepolisian hanya mengantisipasi kemacatan yang panjang.

**Baca juga: Tersedia 7.826 Kursi Lowongan Kerja di Kabupaten Tangerang

“Tadi pagi sempet terjadi ketegangan karena mobil komando kita mengahadap keperusahan kedepan gerbang, namun kepada kepolisian tidak boleh di hadapkan sepeker di depan gerbang perusahaan harus di geser di sebelah perusahaan,” ungkapnya.

Aris juga menambahkan, Aksi demo tak hanya dilakukan DPC FSB GARTEKS Tangerang Raya. Tapi mendapat SBSI Kabupaten Serang, SPTP CSI PT. Chang Shin Indonesia Kabupaten Karawang dan Cikampek afiliasi FSB GARTEKS KSBSI.(Cr)

Berita Terbaru