oleh

Uniknya Tradisi Tahun Baru di Sini

Kabar6-Merayakan tahun baru seperti sudah menjadi tradisi di beberapa negara belahan dunia. Beragam cara dilakukan untuk merayakan pergantian tahun, tentu saja dengan cara yang unik.

 

Bagaimana mereka merayakan malam menuju 1 Januari tiap tahun?

 

1. Skotlandia

Setiap 31 Desember berlangsung Festival of Hogmanay, yaitu festival bola api yang merupakan tradisi turun-temurun sejak zaman bangsa Viking menguasai Skandinavia.

 

2. Meksiko

Malam tahun baru diyakini sebagai saat paling tepat untuk berkomunikasi dengan roh-roh orang mati sebagai cara mendapat pesan tertentu, atau petunjuk akan masa depan.

 

3. Irlandia

Saat malam pergantian tahun, gadis-gadis lajang menaruh beberapa helai daun mistletoe di bawah bantal sehingga pujaan hati cepat datang melamar mereka. Kebiasaan ini juga untuk menjauhkan dari nasib sial.

 

4. Ekuador

Dilakukan tradisi membakar orang-orangan sawah (scarecrows), dengan tujuan menghilangkan semua hal buruk selama setahun yang lewat.

 

5. Spanyol

Di Spanyol, dikenal “Las doce uvas de la buena suerte” yang berarti 12 anggur keberuntungan dan telah menjadi tradisi tahun baru unik di Spanyol. 12 detik sebelum tepat jam 12 malam, maka para orang Spanyol akan memakan 1 buah anggur untuk setiap Dentang waktu yang berbunyi. Ini mewakili keberuntungan pada setiap bulan di tahun yang akan datang. Hal ini tidak hanya dilakukan di Spanyol, tradisi tahun baru seperti ini juga dapat dilihat di Chile dan Denmark.

 

6. Jepang

Bel-bel di kuil Jepang akan dibunyikan sebanyak 108 kali sesuai dengan kepercayaan Buddha di Jepang untuk mengusir kejahatan dan dosa manusia.

 

7. Philipina

Mendekati malam tahun baru, semua akan berbentuk bulat, mulai dari makanan, buah, meja makan, perabotan hingga pola baju. Hal ini dikaitkan dengan kekayaan serta keberuntungan.

 

8. Jerman

Tradisi ini sudah dimulai sejak 1972. Setiap tahun pada malam tahun baru, rakyat Jerman akan menonton acara pertunjukkan Inggris, “Dinner for One”.

 

9. Chile

Para keluarga di Chile akan merayakan tahun baru bersama dengan anggota keluarga yang telah meninggal. Mereka akan mendekorasi makam, dan para anggota keluarga akan bersosialisasi mengelilingi makam tersebut.

 

10. Kolombia

Dikenal tradisi “maleta vacía” yakni orang-orang Kolombia akan membawa koper kosong dan berlari mengelilingi blok perkotaan. Hal ini untuk membuat tahun yang akan datang penuh dengan perjalanan. ** Baca juga: Begini Perisai Perlindungan Diri Hewan

 

Kalau di sini umumnya kita merayakan tahun baru dengan acara musik dan makan-makan ya. (ilj/bbs)

Berita Terbaru