oleh

Uniknya Perayaan Tahun Baru di 5 Negara Ini

Kabar6-Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan pergantian malam tahun baru. Sebagian mendatangi tempat-tempat hiburan yang memang memiliki acara khusus malam tahun baru, namun tidak sedikit juga yang hanya berdiam di rumah bersama keluarga.

Sama halnya, melansir Sooperboy, lima negara ini memiliki hal unik untuk merayakan pergantian tahun. Negara mana saja yang dimaksud?

1. Argentina
Ada tradisi tersendiri bagi para wanita di Argentina menjelang malam pergantian tahun baru. Mereka akan menggunakan celana dalam berwarna pink yang dipercayai akan mendatangkan jodoh. Tradisi ini dilakukan sejak lama dan meski entah berhasil atau tidak, namun masih dilakukan hingga sekarang.

2. Brasil
Pada hari pertama di awal tahun, mereka akan menuju ke pantai untuk melakukan lompatan sebanyak tujuh kali agar diberi keberuntungan. Loncatan tujuh kali sendiri mengacu pada jumlah hari dalam seminggu. Selain melompat, ada juga perayaan memberikan kado kepada dewi laut. Kado itu dilempar ke laut dan jika kembali maka sang dewi menolak dan tidak memberikan restu.

3. Venezuela
Warna kuning di Venezuela diibaratkan sebagai nasib baik dan kemakmuran. Dan pada setiap malam pergantian tahun mereka memiliki tradisi untuk menggunakan celana dalam berwarna kuning.

Baik pria dan wanita pun turun ke jalan menuju pantai di malam hari menjelang pergantian tahun. Mereka berharap dengan memakai celana dalam kuning akan diberi nasib baik dalam menghadapi tahun depan.

4. Kolombia
Di Kolombia tradisinya lebih unik lagi, di mana semua orang berjalan membawa koper. Mereka terlihat seperti berpergian, tetapi koper tersebut kosong dan hanya mengitari blok jalanan rumahnya. Tradisi ini mengacu bahwa tahun adalah sebuah perjalanan yang harus ditempuh. Mereka berharap diberikan kelancaran dan kesuksesan dalam menjalani tahun depan.

5. Filipina
Menjelang malam pergantian tahun di Filipina terdapat tradisi yang masih dilakukan hingga sekarang. Mereka akan menyalakan semua lampu di dalam rumah sehingga menjadi terang benderang.

Tak hanya itu, semua lemari, pintu dan jendela pun dibuka lebar dan kemudian ditutup ketika tengah malam. Hal ini dilakukan untuk mengusir roh jahat atau aura buruk masuk rumah. ** Baca juga: Ada Toilet Raksasa Ukuran 4,6 Meter di Pusat Kota Kanada

Bagaimana tradisi perayaan tahun baru di daerah Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru