oleh

Uniknya Cara 7 Hewan Ini Mempertahankan Diri

Regal Horned Lizard.(bbci.co.uk)
Regal Horned Lizard.(bbci.co.uk)

Kabar6-Setiap hewan memiliki cara untuk mempertahankan diri dari serangan pemangsa. Lihat saja cicak yang memutuskan ekornya, bunglon dapat berubah warna tubuh, dan masih banyak lagi.

Beberapa cara yang dilakukan mungkin tergolong lazim. Namun sejumlah hewan mempertahankan diri dari musuh dengan cara yang unik bahkan menakjubkan. Dikutip Aneh Tapi Nyata, berikut hewan yang dimaksud:

1. Camponotus Saundersi
Semut dari Malaysia ini dikenal dengan nama ‘semut peledak’, lantaran mempunyai kelenjar berisi racun yang bisa diledakkan. Saat terancam, perutnya akan berkontraksi. Selanjutnya kelenjar tersebut meledak melalui kepalanya, sehingga sang predator yang akan memangsanya bisa ikut mati seketika.

2. Eurasian Roller Bird
Burung ini akan memuntahkan cairan berbau busuk berwarna orange ketika merasa terancam. Bau busuk tersebut akan membuat predator lari tunggang langgang. Cairan busuk tersebut juga sebagai tanda kepada burung lain bahwa sedang ada pemangsa dan kembali pulang ke sarangnya.

3. Sotong
Saat mempertahankan diri dari serangan pemangsa, hewan ini mempunyai kemampuan kamuflase yang menakjubkan. Tubuhnya seketika bisa berubah warna menjadi cerah. Sotong terkadang juga melumpuhkan mangsanya dengan dua tentakel yang dapat menghisap kuat. Selain untuk melindungi diri, kamuflase sotong berguna unuk mencari pasangan.

Belalang Ranting.(bbs)
Belalang Ranting.(bbs)

4. Belalang Ranting
Selain dapat meniru warna, hewan ini juga bisa meniru tekstur pohon yang dihinggapi. Jika dilihat sekilas akan sulit membedakan hewan ini saat berkamuflase dengan ranting pohon. Senjata pamungkas lain adalah memutuskan kakinya untuk bisa kabur. Kaki yang telah putus tersebut dapat tumbuh kembali seperti semula.

5. Timun Laut
Ketika terancam, timun laut akan mengeluarkan racun berupa cairan lengket bernama holothurin lewat anus bersama berbagai organnya untuk mengelabui predator agar dikira telah mati. Padahal hewan ini bisa meregenerasi organnya dan predator akan terkena racun tersebut hingga tewas.

6. Regal Horned Lizard
Dalam kondisi terdesak, hewan ini dapat menyemprotkan darah dari matanya untuk menyerang musuh. Darah tersebut dikeluarkan dengan cara menekan rongga hidung sehingga pembuluh darah di mata bisa menyembur keluar.

Jarak semburan bisa mencapai 1,5 meter. Namun pertahanan diri tersebut sangat berbahaya karena mereka dapat kehilangan sepertiga darah pada tubuhnya.

7. Cumi Octopoteuthis Deletron
Keadaan terdesak, selain menyemburkan cairan tinta, cumi jenis ini juga akan membuang tangannya. Lengan tersebut berguna untuk mengecoh musuh. Nantinya tangan cumi ini dapat tumbuh kembali seperti semula dengan kemampuan regenerasinya. ** Baca juga: Semangat 45 Sally, Nenek Usia 101 Tahun yang Tetap Bekerja

Sungguh menakjubkan ciptaan Yang Kuasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru