oleh

Umumkan Pemilik Tanah di Desa RR Terkait Runway 3

Demo warga Rawa rengas.(foto:dok)

Kabar6-Dua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tergabung dalam wadah Aliansi Masyarakat Peduli Tangerang (AMPT), meminta kantor Kementrian Agraria Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Kabupaten Tangerang, untuk membuka data pemilik tanah di desa Rawa Burung dan Rawa Rengas.

Hal ini, menyusul adanya dugaan mafia tanah yang bermain dalam proyek pembebasan lahan runway 3 Bandara Soekarno- Hatta (Soetta).

Koordinator AMPT, Saepudin Juhri mengatakan, pihaknya mengaku akan melayangkan surat ke kantor ATR/ BPN Kabupaten Tangerang, guna meminta data pemilik tanah di dua desa yang kini tengah bersengketa terkait harga ganti rugi tersebut.

“Ya besok suratnya dikirim. Ini dilakukan untuk menindaklanjuti hasil investigasi tim lapangan terkait sengketa dalam proyek pengadaan lahan Runway 3 Bandara Soetta dan informasi dari berbagai media, maka kami ingin mengetahui lebih detail tentang proyek pembebasan lahan seluas 176 hektare di Desa Rawa Rengas dan Rawa Burung,” ungkap Ketua Masyarakat Pemantau Anggaran Negara (Mapan), kepada Kabar6.com, Rabu (22/3/2017).

Senada dikemukakan Ketua Barisan Independen Antikorupsi (Biak), Abdul Rafid, proyek pembebasan lahan yang menelan anggaran negara sebesar Rp2 triliun ini, harus dikaji secara detail dan menyeluruh sesuai dengan fungsi dan perannya. 

Untuk itu, kata dia, tentunya mereka membutuhkan kelengkapan data dan informasi yang valid dan kredibel dari sumbernya langsung. 

“Sebagai langkah lanjutan dari proses yang dimaksud, pihaknya meminta Kepala Kantor Kementerian ATR/ BPN Kabupaten Tangerang, selaku Ketua Tim Pelaksana Proyek Pembebasan Lahan Runway 3 Bandara Soeta, agar memberikan data dan informasi yang dibutuhkan,” katanya.

Opik menambahkan, ada beberapa data yang dibutuhkan terkait proyek pembebasan lahan landasan pacu Bandara Soetta tersebut, diantaranya data dan dokumen sertifikat atau surat kepemilikan tanah. 

Data rekening pemilik dan penerima atas pembebasan lahan dan peta lahan yang terkena dampak pembebasan proyek runway 3 Bandara Soetta.

“Kami berharap, pihak BPN kooperatif dan memenuhi apa yang kami minta,” tandasnya.(Tim K6)

 

Berita Terbaru