oleh

Umbar Amarah Sebabkan 6 Hal Merugikan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Banyak orang menganggap bahwa meluapkan amarah bisa meredakan emosi yang merupakan sifat alami manusia. Meskipun demikian, Anda pun disarankan agar dapat mengendalikan amarah.

Mengapa demikian? Jika terlalu mengumbar amarah, akan ada enam hal merugikan yang akan dialami. Apa sajakah itu? Dikutip Sindonews, berikut enam hal yang dimaksud:
 
1. Sakit kepala
Mengumbar amarah akan menyebabkan sakit kepala mendadak. Otot-otot yang tegang dan juga perubahan bahan kimia di otak saat marah bisa menjadi pemicu sakit kepala.

2. Sulit tidur
Gangguan susah tidur sering terjadi pada orang yang sedang dalam kondisi marah. Saat marah, tingkat produksi hormon di tubuh mengalami perubahan dan membuat Anda sulit tidur.

3. Cemas
Rasa cemas maupun gelisah adalah efek samping paling umum yang terjadi saat marah. Tingginya kadar kortisol dalam tubuh saat marah membuat Anda mudah cemas.

4. Masalah pencernaan
Efek mengumbar amarah akan mengganggu sistem pencernaan, karena sistem tubuh akan berhenti seketika saat sedang marah.

5. Tekanan darah tinggi
Saat marah, tubuh menjadi tegang sehingga bisa memicu tekanan darah tinggi. Dampaknya, bisa berujung pada penyakit stroke.

6. Depresi
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang sering marah, dalam jangka panjang mengalami depresi. ** Baca juga: Susah Tidur Mungkin Disebabkan Karena Bantal Baru

Yuk, belajar mengelola emosi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru