oleh

Uji Publik RAPBD Lebak Sepi, Hanya Segini yang Hadir

Kabar6-Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Lebak Tahun Anggaran 2020 masuk dalam tahapan uji publik, Jum’at (15/11/2019).

Sayangnya, banyak yang tidak hadir dalam tahap yang juga dianggap penting dari rangkaian pembahasan anggaran daerah sebelum nantinya disahkan.

Selian anggota dewan yang banyak tidak hadir, ketidakhadiran dalam uji publik juga terjadi pada organisasi perangkat daerah (OPD) dan elemen masyarakat dan mahasiswa.

Terpantau hanya dua kepala dinas yang hadir yakni Kepala Dinas Kesehatan Maman Sukirman dan Kepala Dinas Kominfo Dodi Irawan.

Selain dua OPD tersebut, OPD lainnya yang hadir hanya Bappenda, BPKAD, Bagian Hukum dan Ekonomi Setda Lebak. Tidak ada satu pun elemen masyarakat dan mahasiswa dalam daftar hadir.

“Seharusnya masyarakat, organisasi dan yang lainnya, kan DPRD mengundang ya Ormas dan lain untuk bisa hadir supaya tahu gimana kondisi pembiayaan kita,” kata Kepala Bappenda Lebak Virgojanti.

Dia berharap, ke depan partisipasi masyarakat dalam uji publik APBD lebih banyak agar seluruh elemen masyarakat mengetahui proses anggaran daerah.**Baca juga: Akhir Tahun, Enam Paket Senilai 4,2 Miliar Lebih di Lebak Belum Dilelang.

“Kan membangun Lebak bukan eksekutif dan legislatif saja. Masyarakat harus tahu apa yang akan dikerjakan pemerintah satu tahun ke depan, apa saja prioritas pembangunannya. Jadi tahu, APBD itu tidak serta merta lahir, ke mana arah dan kebijakannya ada yang menyertai,” papar Virgo.

Sementara itu, Ketua DPRD Lebak Dindin Nurohmat akan berupaya agar ke depan tingkat partisipasi masyarakat lebih meningkat.

“Karena ini penting agar seluruh masyarakat tahu APBD sebagai cerminan kinerja pemerintah dalm satu tahun. Untuk itu, kami harapkan partisipasi masyarakat,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru