oleh

Uji Nyali, Wang Potong Rambut Pelanggan Pakai Besi Panas

Begini cara Wang cukur rambut dengan besi panas.(Odditycentral)
Begini cara Wang cukur rambut dengan besi panas.(Odditycentral)

Kabar6-Ada hal yang cukup membuat bulu kuduk berdiri. Seorang penata rambut asal Tiongkok bernama Wang Weibu (72), menggunakan besi panas untuk memotong rambut para pelanggannya.

Wang disebut mempraktikkan metode seni mencukur rambut kuno yang disebut ‘Dahoujia’. Dikutip dari uniknya.com, metode kuno itu memakai sepasang penjepit logam panas untuk membakar rambut mati.

Sebelum beraksi, Wang akan memanaskan logam penjepit dalam bara api dari kayu. Setelah itu, penjepit itu direndam dengan sedikit air sebelum digunakan pada rambut.

Namun jika rambut pelanggan terlalu panjang, besi panas yang digunakan berbentuk seperti gunting. Wang lalu mengusapkan logam panas di seluruh rambut yang tersisa.

Dikatakan Wang, hasil potongannya akan sesuai dengan keinginan pelanggannya, dan bisa bertahan hingga tiga bulan. “Pelangganku setuju denganku bahwa potongan rambut dengan caraku dapat menjaga bentuk yang sama selama tiga bulan. Benar-benar berhasil,” ujarnya.

Sebelum digunakan, besi dipanaskan terlebih dahulu.(Odditycentral)
Sebelum digunakan, besi dipanaskan terlebih dahulu.(Odditycentral)

Metode mencukur kuno ini sebenarnya telah tersebar luas di China, hingga terdepak dari dunia fashion pada tahun 1980-an. Sekarang, hampir tidak ada orang yang ingin potong rambut dengan menggunakan metode yang tidak biasa itu.

Namun Wang mengakui bahwa tidak banyak pelanggan yang tertarik dengan metode tersebut. Kebanyakan yang datang adalah orang tua. Meskipun demikain, pria itu mengatakan jika bisnisnya yang berlokasi di Jinshi, Provinsi Sichuan, Tiongkok, itu masih berjalan baik.

Para pelanggan, ujar Wang, memanfaatkan teknik Dahoujia untuk mempertahankan bentuk rambutnya dalam jangka waktu lama, tanpa harus menggunakan bahan kimia apa pun.

Satu-satunya kelemahan metode potong rambut tradisional itu, menurut Wang, adalah bau terbakar. Untungnya para pelanggan tidak mempermasalahkan hal itu. ** Baca juga: Ngilu, Ferraro Gunakan Kepala untuk Pasang 38 Paku dalam Waktu 2 Menit

Penasaran mencoba? (ilj/bbs)

Berita Terbaru