oleh

Tutup Latihan, Kopassus Gelar Baksos di Panimbang

Kabar6-Usai latihan Tribuana Cakti XXII tahun 2019, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggelar Bakti Sosial (Baksos) di lapangan Cikadu Kecamatan Panimbang, Rabu (28/8/2019).

Pelatihan ini berlangsung sejak tanggal 1 Juli sampai dengan 28 Agustus 2019 dengan melibatkan sejumlah 232 personel dari satuan Parako, Sandi Yudha dan penanggulangan teror.

“Selama hampir dua bulan para prajurit Kopassus melaksanakan beberapa materi latihan seperti diantaranya teknik infiltrasi dan eksfiltrasi, operasi sandha, PPJJ, operasi perebutan cepat, operasi pembebasan sandera dan komando pengendalian operasi,” kata Pamen Ahli Golongan IV Kopassus Bidang Pendidikan dan Pelatihan Kolonel Inf.Benny Sulistiono, Rabu (28/8/2019).

Ia mengatakan Kopassus sebagai satuan operasional TNI dituntut secara terus menerus untuk meningkatkan profesionalisme dalam bidang teknis kemiliteran.

“Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan kemampuan tersebut maka diperlukan latihan secara bertahap, ” tuturnya.

Bakti sosial yang dilakukan Kopassus diantaranya pengobatan gratis, pemberian 1000 paket sembako, merenovasi dua rumah warga yang tidak layak huni (RLTH), perbaikan taman bacaan dan sarana ibadah.

“Dalam baksos ini masyarakat yang kami libatkan sebanyak 1000 orang. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu kebutuhan warga,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Benny, kegiatan tersebut juga untuk medekatkan prajurit Kopasus dengan masyarakat. Sehingga mampu mengenali warga sekeliling, sekaligus mengetahui berbagai gejolak dan permasalahan yang ada.

**Baca juga: Ketua PKB Pandeglang Bakal Maju di Pilkada Mendatang, Ini Jargonnya.

“Untuk menciptakan dan memperkokoh kemanunggalan antara TNI dan Rakyat. Sehingga Kopasus ini dapat dikenal dan dicintai masyarakat,” katanya.

Sementara, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengaku, sangat mengapresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Satuan Kopasus. Karena melalui kegiatan tersebut, warga Pandeglang yang kurang mampu bisa terbantu.

“Kegiatan ini manfaatnya cukup dirasakan oleh masyarakat. Karena dalam kegiatan ini juga tidak hanya pembagian sembako dan pengobatan gratis, melainkan ada juga pembangunan rumah tidak layak huni dan Mushola,” tutur Irna.(Aep)

Berita Terbaru