oleh

Turun ke Jalan, Ribuan Warga Lebak Tuntut Pemkab Perbaiki Jalan Cikumpay-Ciparay

Kabar6-Warga 4 desa di Kabupaten Lebak terdiri dari Desa Mekarjaya, Jatake, Panggarangan dan Cisuren turun ke jalan menggelar aksi demonstrasi menuntut perbaikan ruas Jalan Cikumpay-Ciparay.

Massa yang juga didominasi ibu-ibu membawa spanduk dan karton berisi tuntutan kepada Pemkab Lebak agar segera menangani jalan tersebut. Tidak hanya kepada pemerintah daerah, warga juga menagih janji anggota DPRD untuk menyuarakan aspirasi warga.

“Mengacu pada surat Edaran Bupati Lebak pada tahun 2016, dengan surat bernomor 912/472-Admpemb/2016, bahwa pemda bekerjasama dengan CSR PT Cemindo Gemilang pada saat itu telah menurunkan alat berat untuk melakukan pelebaran jalan. Namun, hanya pelebaran jalan saja tanpa ada perbaikan,” kata korlap aksi, Deris kepada wartawan.

Seharusnya kata Deris, setelah pelebaran jalan dilakukan, Pemkab Lebak harus segera melanjutkan dengan melakukan pengaspalan. Sayangnya oleh pemkab ujar Deris, justru dibiarkan hingga tahun ini kondisi kerusakannya semakin parah.

“Ini membuktikan bahwa bupati Lebak tidak serius dalam melakukan pembangunan infrastruktur jalan di ruas Jalan Cikumpay-Ciparay sepanjang 24,9 kilometer,” tuding Deris

Menurut dia, jika Pemkab Lebak memang sudah tidak mampu merogoh anggaran untuk penanganan ruas jalan tersebut, maka lebih baik status jalan tersebut dialihkan ke provinsi.

“Biar nanti oleh Pemerintah Provinsi Banten yang merencanakan dan membangun ruas jalan itu,” katanya.

Sementara itu, Asda II Pemkab Lebak Ajis Suhendi mengatakan, Jalan Cikumpay-Ciparay memang merupakan jalan kabupaten yang menjadi bagian dari ruas Jalan Cikumpay-Cigudeg yang panjangnya 72,4 kilometer.

Namun, pembangunan Jalan Cikumpay-Ciparay akan dilakukan oleh Pemprov Banten. Ajis membeberkan alasan mengapa ruas jalan itu justru seharusnya dibangun pemprov.

“Tahun 2019, Pemprov Banten berencana membangun masjid di kawasan wisata Gunung Luhur tapi harus mendapat rekomendasi dari Ibu Bupati,” kata Ajis kepada Kabar6.com.

**Baca juga: Geruduk Gedung DPRD Lebak, Massa Pemuda Pancasila Tuntut Junimart Girsang Datang Minta Maaf

Dari situ dibuatlah beberapa poin komitmen yang salah satunya bahwa pembangunan Jalan Cikumpay-Ciparay diserahkan kepada Pemprov Banten yang dilakukan secara bertahap.

“Karena kami merasa itu sudah jadi komitmen mereka (Pemprov) makan anggaran kami alokasikan untuk penanganan ruas jalan lain. Dan di tahun 2020, kami sudah ingatkan kembali poin komitmen itu ke Pemprov Banten agar secara bertahap membangun ruas jalan tersebut,” paparnya.(Nda)

Berita Terbaru