oleh

Turnamen Barongsai 8 Negara di Summarecon

Kabar6-Turnamen kesenian barongsai bertajuk ‘The 2nd Summarecon Mal Serpong International Lion Dance Championship’ kembali digelar di Tanah Air diikuti delapan negara.

Acara ini dihelat Summarecon Mall Serpong (SMS) bekerjasama dengan Kung Seng Keng (KSK) Indonesia, Himpunan Bersatu Teguh Padang (HBT), dan didukung Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) dalam rangka melestarikan dan membudidayakan kesenian barongsai Indonesia.

“Event ini diadakan untuk memperkenalkan Indonesia kepada dunia international serta memberikan kesempatan dan pengalaman bagi grup barongsai Indonesia untuk bertanding di kancah international,” kata Cut Meutia, GM Corporate Communication PT Summarecon Agung Tbk di Tangerang, Jumat (27/9/2013).

Turnamen kesenian barongsai yang dimulai sejak Jumat (27/9/2003) tersebut diikuti 18 team dari delapan negara, yakni China, Hongkong, Indonesia, Macau, Malaysia, Philipina, Taiwan, dan Singapore.

“Kriteria penilaian kejuaraan barongsai ini untuk menentukan kelompok lion dance terbaik, pihak kompetisi lion dance menerapkan standar dan peraturan yang sangat ketat. Kriterianya antara lain keserasian gerak, dekorasi ornamen, kelompok tim, dan tingkat kemampuan menampilkan gerak akrobatik yang sulit,” terang Cut Meutia.

Sebelumnya, SMS pertama kali menggelar kejuaraan lion dance tahun 2007 di area atrium oval SMS. Saat itu, antusiasme  masyarakat Serpong, Jakarta, komunitas pemerhati, dan pencinta budaya barongsai Indonesia cukup besar. Tercatat, sebanyak 60 ribu orang datang menyaksikan.

“Tahun ini kami targetkan total pengunjung mencapai 240.000 orang,” pungkas Cut Meutia.(evan)

Berita Terbaru