oleh

Tujuh Festival Tidak Biasa yang Ada di India

Festival Garudan Thookkam, Kerala.(bbs)
Festival Garudan Thookkam, Kerala.(bbs)

Kabar6-Ritual adalah serangkaian kegiatan yang dilaksanakan terutama untuk tujuan simbolis. Dilaksanakan berdasarkan suatu agama atau bisa juga berdasarkan tradisi dari suatu komunitas tertentu. Kegiatan dalam ritual biasanya sudah diatur dan ditentukan, serta tidak dapat dilaksanakan secara sembarangan.

Nah berikut adalah tujuh festival berikut ini adala tidak biasa yang ada di India, dikutip dari anehdidunia.com:

1. Festival Puli Kali, Kerala
Para pria biasanya akan berdandan layaknya seekor harimau dan sebagian lainya akan berdandan seperti seorang pemburu. Ketika festival dimulai, para pemburu dan harimau akan bermain petak umpet. Tradisi unik ini sejatinya merupakan bagian dari festival Onam, yang menandai dimulainya musim panen.

2. Festival Garudan Thookkam, Kerala
Dalam festival ini beberapa orang pria akan berbergelantungan dengan sebuah tali, hingga mirip dengan sosok burung elang yang sedang terbang.

Namun tali-tali ini tak sekadar diikatkan ke tubuh, melainkan secara ekstrem dikaitkan dengan sebuah kail besi ke kulit pria-pria yang menjalankan ritual tersebut. Garuda dipercaya sebagai makhluk suci yang merupakan kendaraan Dewa Wisnu.

Orang-orang yang lain akan menari di bawah mereka sambil mengumpulkan darah yang menetes dari tubuh pria-pria yang sedang bergelantungan. Setelah malam tiba dan darah yang dikumpulkan dirasa sudah cukup, festival ini akan dilanjutkan ke kuil dengan mempersembahkan darah untuk memohon berkah dari Dewi Kali.

3. Festival Lath Mar Holi, Barsana
Dalam festival ini, selain saling menaburkan bubuk berwarna, orang-orang juga biasanya akan memainkan sebuah ritual kejar-kejaran.

Kaum wanita akan mengejar para pria dengan sebuah tongkat kayu bernama Lathis. Para wanita ini akan berpura-pura seolah memukuli para pria dengan lantis, sambil menari dan menyanyi.

4. Festival Theyyam, Kerala
Dalam festival yang sering juga disebut sebagai “The Dance Of Gods” ini, para peserta dipercaya tak hanya menari untuk menghormati para Dewa, tapi juga menjadi wadah bagi para Dewa yang berkunjung ke Bumi untuk berpesta dan menyapa para manusia lewat tari-tarian yang mereka lakukan menggunakan tubuh para penari yang sedang dirasuki.

Bagian dari kostum para penari Theyyam yang terlihat paling mencolok adalah mahkota para penari ini, yang kadang besarnya bisa mencapai 15 hingga 18 meter.

Festival Theyyam, Kerala.(thehindu)
Festival Theyyam, Kerala.(thehindu)

5. Festival Agni Keli, Mangalore
Ritual ini merupakan bagian dari festifal selama delapan hari, dalam rangka pemujaan terhadap Dewi Durga. Pada hari kedua, para pria biasanya akan bertelanjang dada dan saling melempar bara api yang telah terlebih dulu mereka buat dengan menggunakan batang dan daun palem yang telah dikeringkan.

Setiap kelomok hanya diberikan kesempatan sebanyak lima kali untuk melemparkan bara api ke kelomok lawannya, sedangkan durasi untuk perang api ini sendiri biasanya hanya berlangsung selama 15 menit saja.

6. Kaya Klesh, Biksu Jain
Merupakan ritual penggundulan rambut yang bisa dibilang cukup ekstrem, karena para biksu Jain tak menggunakan gunting ataupun pisau cukur melainkan mencabut tiap helai rambut yang ada di kepala mereka secara manual dengan menggunakan tangan kosong.

7. Festival Karni Mata, Rajasthan
Bertempat di sebuah kuil bernama Karni Mata atau Kuil Tikus, terdapat setidaknya 20 ribu tikus yang berkeliaran dengan bebas tanpa takut.

Menurut legenda, kuil yang telah berusia kurang lebih 600 tahun ini merupakan tempat yang dibuat untuk menyembah seorang wanita bernama Karni Mata, yang dipercaya merupakan reinkarnasi dari Dewi Durga yang turun ke Bumi. Sedangkan tikus-tikus yang ada di kuil ini, konon dulu merupakan seorang murid Karni Mata. ** Baca juga: Jadi Tukang Cuci Bergaji Rp294,3 juta Per Tahun, Mau?

Tertarik melihat langsung ritual tersebut ke India?(ilj/bbs)

Berita Terbaru