oleh

TRUTH Minta Pemprov Banten Tak Urusi Bangunan Liar, Tapi?

Kabar6-Tangerang Public Transparency Watch (Truth) turut menyoroti kawasan Situ Cipondoh, Kota Tangerang. Mereka meminta Pemerintah Provinsi Banten seharusnya tidak hanya mengurusi bangunan liar saja.

Namun harus mengkroscek luas Situ Cipondoh yang sebenarnya. Sebab demikian, beberapa bagian diduga sudah berubah beralih fungsi dan direklamasi.

“Jika dirasa Situ Cipondoh merupakan aset yang dapat menambah PAD, harusnya juga cek berapa luas dulu dan sekarang, berapa yang beralih fungsi salah satunya menjadi bangunan yang patut diduga itu mengunakan lahan Situ Cipondoh,” ujar
Ahmad Priatna, Wakil Koordinator Tangerang Public Transparency Watch (Truth) dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/1/2021).

Nana sapaan akrabnya menjelaskan, bahwa dahulu Situ Cipondoh sangatlah luas. Namun kondisi sekarang beberapa bagian banyak dibangun gudang-gudang terutama yang berbatasan antara Kecamatan Cipondoh dan Kecamatan Pinang.

“Kami menduga ada oknum kelurahan, kecamatan bahkan level pemerintah kota dan Provinsi yang bermain dalam memanfaatkan pinggiran situ Cipondoh untuk menguruk keuntungan pribadi dan kelompok dalam hal perizinan,” katanya.

“Kalau memang dugaan kami tidak terbukti tunjukan data ukuran luas keseluruhan danau Cipondoh kepada masyarakat, karena pada faktanya sebagian danau sudah habis di jadikan bangunan pergudangan,” tambahnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Banten bakal membongkar bangunan di kawasan Situ Cipondoh, Kota Tangerang. Pembongkaran itu dilakukan karena banyak oknum yang memanfaatkan lahan di Situ Cipondoh untuk kepentingan pribadi.

Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan, keberadaan Situ Cipondoh saat ini mulai mengkhawatirkan. Sebab demikian, banyak oknum yang memanfaatkan lahan untuk kepentingan pribadi, sehingga luas dari Situ Cipondoh pun mulai berkurang.

“Nanti mau dibongkar itu bangunan-bangunan yang ada dipinggir Situ Cipondoh. Sebab, Situ Cipondoh berada dibawah naungan Pemerintah Provinsi Banten,” ujar Pria yang akrab disapa WH ini kepada wartawan, Jum’at (22/1/2021).

**Baca juga: Gubernur Banten Tegaskan Bakal Bongkar Bangunan Liar di Situ Cipondoh

WH menilai jangan sampai luas dari Situ Cipondoh yang menjadi daya tampung air ini semakin berkurang.

“Kita sedang menata Situ Cipondoh, dan situ-situ yang ada di Provinsi Banten. Dengan penataan yang baik tentunya keberadaan situ pun semakin terjaga, dan terhindar dari para oknum untuk kepentingan pribadi,” jelasnya. (Oke)

Berita Terbaru