oleh

Truk Semen Tercebur ke Laut di Pelabuhan Merak

Kabar6-Sebuah truk colt diesel B 9138 TYU bermuatan 200 sak semen tercebur di Dermaga Tiga, Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (11/12/2015).

Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, AKP Nana Supriyatna  mengatakan, kecelakaan itu bermula, saat truk memasuki kapal dan parkir di pintu bagian samping atas, tepatnya lambung kanan KMP Virgo 18 yang tengah sandar untuk muat kendaraan di dermaga III Pelabuhan Merak.

Namun, saat truk dari Jakarta menuju Lampung itu sudah masuk ke dalam kapal, dan di parkir tepat didepan pintu samping atas lambung kanan KMP virgo.

Kemudian, sang supir truk, Mahendra Saputra, pergi meninggalkan truk menuju ruang lesehan penumpang, tanpa mengganjal ban truk terlebih dahulu.

Akibatnya, saat kapal diterjang ombak, mobil mendadak melaju ke arah pintu keluar, hingga menabrak pembatas disekitar lokasi. Truk pun terjungkal dan terjepit diantara pembatas dermaga dan lambung kapal, sebelum ahirnya truk itu jatuh ke laut.

”Kejadiannya itu saat kapal Virgo ini sandar di dermaga untuk memuat kendaraan,” kata Nana.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, sang sopir selamat lantaran tidak berada di dalam kendaraan. Sementara ratusan semen yang diangkut truk tidak bisa diselamatkan lantaran sebagian besar jatuh ke laut, sementara sebagian lainnya tercecer di dermaga.

Pascakejadian itu, petugas langsung mendatangkan alat berat guna mengevakuasi truk dari laut ke dermaga.(sus)

 

Berita Terbaru