oleh

Transjakarta Diwacanakan Beroperasi di Dua Korior Jalanan Tangsel

Trans Jakarta.(bbs)

Kabar6-Moda transportasi angkutan massal‎ Transjakarta diwacanakan bakal segera terintegrasi dengan wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Pengoperasian sarana angkutan yang terintegrasi dengan daerah ibukota negara itu, rencananya berlaku untuk dua koridor yang ada.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangsel, Sukanta mengatakan, sinyal rencana pengoperasian bus Transjakarta telah disampaikan langsung ke institusinya. Tentunya saja niatan itu disambut baik.

“Dinas‎ Perhubungan DKI Jakarta sudah menyampaikan informai secara resmi kepada kami untuk meminta data ruas jalan dan keberaaan angkutan umum yang sudah ada,” katanya, Minggu (1/5/2016).

Sukanta jelaskan, dari total 600 unit bus Tranjakarta yang dimiliki, Pemerintah DKI Ja‎karta ingin memberikan bantuan sebanyak 70 unit. Namun klausulnya ditolak karena kondisi infrastruktur jalan yang di Kota Tangsel belum semua memadai.

Sementara ruas jalan yang dianggap sudah layak hanya ada di dua koridor jalan. Kedua akses jalan yang memadai antara lain untuk koridor Ciputat dan Serpong saja.

“Tapi enggaklah. Tidak mungkin bantuan 70 unit bu kita terima, karena maunya infrastruktur jalan bisa memadai terlebih dahulu,” jelas Sukanta.

Atas rencana pengoperasian bus Transjakarta, lanjut Sukanta, saat ini pihaknya sedang intens berkoordinasi dengan pihak Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Tangsel.

Ia menambahkan, program perbaikan serta peningkatan sistem layanan transportasi telah masuk dalam draft Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) untuk lima tahun kedepan.

Sukanta meminta kepada semua pihak untuk bisa mendukung program pemerintah pusat dan daerah yang mencoba menggulirkan sarana transportasi angkutan massa terintegrasi. **Baca juga: Sensus Ekonomi, BPS Datangi Rumah Dinas Benyamin Davnie.

Program itu dirancang untuk mengalihkan masyarakat dari menggunakan kendaraan pribadi pindah ke bus Transjakarta. **Baca juga: May Day, Warga Green Savana Jaga Lingkungan.

“Jadi dengan beroperasinya bus Transjakarta di dua koridor di Tangerang Selatan ini bukannya jadi macet. Tapi justru untuk mengurangi kemacetan,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru