oleh

Transdniestria, Negara yang Tidak Diakui Dunia

Kabar6-Sebuah negara bernama Transdniestria yang terletak di antara Rusia dan Ukraina, tidak diakui oleh PBB. Transdniestria atau Transnistria, secara resmi dikenal sebagai Republik Moldovan Pridnestrovian.

Secara teknis, melansir MSN, Transdniestria sebenarnya masih bagian dari Moldova, sebuah negara trilingual di kawasan Eropa Timur yang dulunya bagian dari Uni Soviet. Namun menurut Dennis Deletant, seorang profesor yang mendalami Eropa Timur, perang saudara Moldova pada 1990-1992 telah membuat Transdniestria merdeka secara de facto sesuai dengan undang-undang separatis. Meski dulunya merupakan bagian dari Moldova, penduduk Transdniestria ternyata lebih memilih untuk bersumpah setia pada Rusia, sehingga memunculkan kesan bahwa mereka mengalami sebuah krisis identitas nasional.

Transdniestria secara historis pernah dipimpin oleh Kekaisaran Ottoman bersama dengan Ukraina dan Uni Soviet, dengan Ibu Kota Tiraspol, yang kini dijadikan sebagai ibu kota Transdniestria.

Untuk bisa sampai ke Transdniestria, bisa naik kereta internasional atau mobil dari Ukraina dengan tujuan akhir Tiraspol. Selain itu ada pula bus dari Chisinau, Moldova yang bisa digunakan. ** Baca juga: Terbukti Tidak Bersalah, Dapat Kompensasi Uang Ratusan Miliar Setelah Dipenjara Selama 39 Tahun

Hal yang harus diingat, ketika tiba di Transdniestria, jangan lupa untuk menukarkan uang yang Anda bawa dengan mata uang lokal. Hal ini karena mereka menggunakan mata uang sendiri, dan mata uang itu pun hanya berlaku saat berada di Transdniestria.

Hal yang unik, Transdniestria lebih memilih menggunakan plastik ketimbang menggunakan uang logam.(ilj/bbs)

Berita Terbaru