oleh

TPS di Pamulang Berdiri Ala Kadarnya

Kabar6-Ala kadarnya. Begitulah yang terlihat di TPS 28 dan 29 Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), jelang pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April 2014.

Lokasi yang sangat terbatas dan fasilitas yang ala kadarnya (apa adanya), membuat 2 TPS ini harus berdiri satu atap menggunakan tenda ukuran 9×3 meter dan tambahan sejumlah terpal plastik.

“Walau ala kadarnya, kami yakin TPS ini siap beroprasi,” kata Asmat (39), Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) 28. Selasa (8/14/2014).

Masih kata Asmat, kondisi TPS yang sangat sederhana ini lantaran keterbatasan anggaran yang tersedia. Dalam waktu satu minggu, dirinya beserta anggota KPPS melakukan persiapan.

“Ia mulai dari penyebaran undangan, hingga persiapan lokasi TPS,” ucap Asmat.

Asmat menjelaskan, di 2 TPS tersebut terdapat kurang lebih sekitar 800 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Di TPS 28 ada 333 DPT dan di TPS 29 ada 379 DPT.

Asmat menambahkan, jika keterbatasan fasilitas yang tersedia saat ini merupakan faktor dari anggaran yang minim. “Anggaranya 500 ribu, namun sebagian dana itu kami gunakan untuk oprasional lainnya,” tutur Asmet.

Seperti diketahui, pembuatan TPS diatur dalam Peraturan KPU nomor 26 tahun 2013 pasal 17, yang berbunyi KPPS menyiapkan lokasi dan pembuatan TPS harus sudah selesai paling lambat 1 hari sebelum pemungutan suara. **Baca juga: Warga Babakan Bangun TPS Secara Swadaya.

Peraturan itu juga mengatur ukuran TPS, fasilitas bagi pemilih termasuk penyandang cacat dan hal-hal yang harus disiapkan seperti tenda, meja, alat penerangan dan lainnya.(way)

Berita Terbaru