oleh

Tol Serang-Panimbang Seksi 2 dan 3 Ditarget Tuntas 2023

Kabar6-Pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi 2 dan 3 ditargetkan bisa rampung pada akhir tahun 2023. Hal itu dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung, Selasa (16/11/2021).

“Alhamdullilah jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung telah selesai dibangun, dan siap untuk dioperasikan. Kemudian akan dilanjutkan dengan Seksi 2 yaitu Rangkasbitung-Cileles 24 kilometer dan Cileles-Panimbang 33 kilometer yang insya Allah akan dituntaskan di akhir 2023 akan selesai,” kata Jokowi dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Menurut Jokowi, kemudahan konektivitas menjadi faktor penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Saya yakin ini akan jadi pengungkit sektor ekonomi di Banten, khususnya di sekitar jalan tol ini, yakni Lebak dan Pandeglang,” ujar Jokowi.

Tol Serang-Panimbang nantinya akan menghubungkan empat kabupaten/kota di Provinsi Banten yakni Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten, Lebak, dan Kabupaten Pandeglang.

**Baca juga: Jokowi Sebut Infrastruktur Pondasi Indonesia Bersaing dengan Negara Lain

Proses konstruksi jalan tol dikerjakan lewat skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Untuk pekerjaan Seksi 1 dan 2 menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang selaku anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan Seksi 3 porsi pemerintah. Nilai investasi Tol Serang-Panimbang secara keseluruhan sebesar Rp9,934 triliun.(Nda)