oleh

Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Dibuka, Masih Gratis 2 Minggu

Kabar6-Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Serang-Rangkasbitung resmi dibuka dan sudah bisa dilalui oleh masyarakat, Rabu (17/11/2021).

Sebelumnya, ruas jalan tol Seksi 1 sepanjang 26,5 kilometer tersebut telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selama dua minggu ke depan, masyarakat yang melewati ruas jalan tol pertama di wilayah Banten selatan tersebut masih belum dikenakan tarif alias masih gratis.

“Saat ini kami masih memproses (Mengenai keputusan) tarif, insya Allah semoga dalam waktu dekat (Berapa) tarifnya sudah bisa keluar, paling tidak sekitar 2 mingguan,” kata Direktur Utama PT Wijaya Karya Utama Serang-Panimbang, Mulyana kepada wartawan, di Gerbang Tol Rangkasbitung, Cibadak, Lebak.

“Kalau nanti masuk dari Serang lalu keluar dari sini muncul tarif, itu tarif dari Serang ke Walantaka atau mungkin dari Jakarta masuk tol sini lalu muncul Rp21 ribu misalnya, itu tarif yang berlaku di Tangerang-Merak atau Jakarta, kalau yang di sini (Rangkasbitung) belum berbayar sampai 14 hari,” sambung Mulyana.

Jika sebelumnya dari Serang menuju Rangkasbitung harus menghabiskan waktu sekitar 1 jam, kini melalui jalan tol jarak tempuh dua wilayah tersebut hanya membutuhkan waktu 15-20 menit.

“Mudah-mudahan kebermanfaatan tol ini dimanfaatkan dengan sebesar-besarnya untuk peningkatan ekonomi,” ujar Mulyana.

**Baca juga: Sudah Diresmikan Jokowi, Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Belum Bisa Dilewati

Sementara untuk Seksi 2 yakni Ruas Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 kilometer kini sedang dalam progres.

“Seksi 2 sudah berjalan 13,5 persen, (Lalu) Seksi 3 sebagaimana yang disampaikan Kementerian PUPR insya Allah Januari sudah bisa (Dilakukan pengerjaan). Mudah-mudahan (Target 2023 selesai) mohon dukungannya, dan soal lahan (Seksi 2 dan 3) sudah hampir 80 persen,” tutur Mulyana.(Nda)