oleh

Toilet Kuno Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Yerusalem

Kabar6-Toilet kuno langka yang diperkirakan berusia lebih dari 2.700 tahun ditemukan oleh tim arkeolog Israel di Yerusalem. Menurut pihak berwenang, pada zaman ribuan tahun silam, kamar mandi pribadi termasuk barang mewah di kota suci itu.

Otoritas Barang Antik Israel, melansir Independent, menyatakan bahwa toilet dari batu kapur yang halus dan berukir itu ditemukan dalam sebuah kabin persegi panjang yang menjadi bagian dari sebuah rumah besar. Rumah kuno itu menghadap ke lokasi yang sekarang menjadi Kota Tua Yerusalem.

Toilet tadi dirancang agar penggunanya bisa duduk dengan nyaman. Fasilitas sanitasi itu juga dilengkapi septic tank yang dalam, digali di bagian bawahnya. ** Baca juga: Lupa Kode Kombinasi, Seorang Ibu di Tiongkok Minta Bantuan Polisi untuk Lepas Kunci Sepeda di Lehernya

“Bilik toilet pribadi sangat langka di zaman kuno, dan hanya sedikit yang ditemukan hingga saat ini,” kata Yaakov Billig, Direktur Penggalian Otoritas Barang Antik Israel. “Hanya orang kaya yang mampu memiliki toilet.”

Billig menjelaskan, tulang binatang dan tembikar yang ditemukan dalam septic tank dapat menjelaskan gaya hidup dan pola makan orang yang hidup pada masa itu. Hal lain, barang-barang tersebut juga dapat menggambarkan penyakit yang menjangkiti masyarakat kuno.

Para arkeolog menemukan sejumlah aset dan ruangan batu dari zaman itu. Disebutkan arkeolog, ada bukti bahwa sebuah taman pernah berada di dekat lokasi itu yang dilengkapi dengan kebun buah-buahan dan tanaman air.

“Ada lebih banyak bukti bahwa mereka yang tinggal di sana cukup kaya,” terang mereka.(ilj/bbs)

Berita Terbaru