oleh

TNI AL Siap Bantu Pengamanan Arus Mudik 2015

Kabar6-Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Ade Supandi, menginstruksikan prajurit Lanal Banten untuk siaga membantu pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2015 di lintas penyeberangan komersil rute Merak-Bakauheni.

 

Ya, kemarin KSAL mengunjungi Pangkalan TNI AL (Lanal) Banten dalam rangka Safari Ramadan. Kunjungan itu sekaligus guna meminta laporan dari Komandan Lanal Banten mengenai persiapan pengamanan arus mudik Lebaran 2015.

 

“Saya ke sini untuk mendapatkan laporan dari Danlanal Banten mengenai keamanan di laut Banten. Khususnya menjelang Lebaran 2015,” kata KSAL di Mako Lanal Banten, Kecamatan Pulomerak, Jumat (26/6/2015).

 

Safari Ramadan tersebut dihadiri Plt Gubernur Banten, Rano Karno, Kapolda Banten, Brigjen Pol Boy Rafly Amar, serta Komandan Korem 064/Maulana Yusuf, Kolonel Kav Ana Supriatna.

 

Dalam kunjungan tersebut, KSAL menyatakan pihaknya siap  membantu pelaksanaan arus mudik 2015. TNI AL sendiri, menyiagakan dua kapal perang guna perbantuan angkutan mudik untuk rute Jakarta-Surabaya.

 

“Setiap tahun AL rutin membantu arus mudik, termasuk penyeberangan bari Merak ke Bakauheni dan sebaliknya. Saya juga sudah meminta Lanal banten untuk membantu menjaga keamanan, jangan sampai di laut terjadi kekosongan. Apalagi Lebaran ini lalu lintas Jawa-Sumatra cukup padat,” ujarnya.

 

Namun, sSelain memantau persiapan Lanal dalam pengamanan arus mudik, KSAL juga bakal mengunjungi lintasan Banyuwangi-Ketapang.

 

Di tempat yang sama, Pasintel Lanal Banten, Mayor Laut (P) Budi Purnamajaya, menyatakan pihaknya siap membantu pelaksanaan arus mudik.

 

Selain menyiagakan kapal patrol pengamanan, prajurit Lanal juga siaga bilamana PT ASDP membutuhkan bantuan pengamanan. ** Baca juga: Rusuh di Kantor Desa Bojong, Nawasaid: Copot Camat Cikupa

 

“Kami siap siaga manakala dibutuhkan. Kapal patrol siap membantu mengamankan arus mudik Lebaran 2015,” ujarnya.(tmn/din)

Berita Terbaru